DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Rutan Situbondo Terus Bekali WBP Dengan Berbagai Ketrampilan Usaha

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Situbondo terus memberikan pembinaan ketrampilan dan kemandirian melalui program Bimbingan Kerja (BIMKER) terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Situbondo, Rabu (3/5/2023).

Bidangi Subseksi Pelayanan Tahanan Rutan Situbondo yang bertugas mengkoordinasikan, menyiapkan pelaksanaan bimbingan latihan kerja, serta mengelola hasil kerja sesuai prosedur yang berlaku. “Pembinaan Ketrampilan kemandirian WBP yang dilakukan Rutan Situbondo ini sebagai bekal mereka apabila kembali ke masyarakat,” jelas Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo Rudi Kristiawan.

Lebih lanjut, Rudi Kristiawan mengatakan bahwa, program BIMKER yang ada di Rutan Situbondo merupakan salah satu program yang bergerak di bidang pengembangan skill dan atau keterampilan bagi WBP. ”Para WBP akan diberikan pengembangan kecakapan hidup yang mereka geluti seperti pengelasan, kerajinan tangan, perbengkelan, pertanian dan lain sebagainya,” jelas Karutan Situbondo.

Rudi menambahkan bahwa pembinaan ketrampilan yang diberikan oleh Rutan Situbondo kepada WBP agar keterampilan bermanfaat ketika WBP selesai menjalani masa hukumannya. “Program BIMKER untuk mewujudkan WBP yang siap menghadapi tantangan dunia usaha dimasa datang dan membentuk generasi masa depan yang berkualitas, cerdas, kreatif, sehat jasmani dan berakhlak mulia,” jelas Karutan Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan Rudi, namun dia juga menegaskan bahwa pembinaan ketrampilan bagi WBP Rutan Situbondo bukan hanya retorika belaka, namun diaplikasikan atau dikejawantahkan secara nyata. “Rutan Situbondo sudah banyak membekali ketrampilan dalam bidang usaha perbengkelan, pertukangan, berdagang atau penjualan kue dan lain sebagainya kepada WBP. Rutan Situbondo juga menerima jasa pengelasan, pembuatan canopi, pagar, pengecatan mobil, servis sepeda motor dan mobil yang dikerjakan WBP di depan rutan dengan pengawasan ketat,” pungkas Karutan Situbondo.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button