Sabhara Polres Banyuwangi Evakuasi Korban Banjir Dengan Perahu Karet

9 total views, 3 views today

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Musibah banjir yang melanda beberapa desa di Kecamatan Pesanggaran, hingga Jumat pagi (12/1/18) masih dirasakan warga. Bahkan puluhan personel Sabhara Polres Banyuwangi pagi itu sibuk melakukan evakuasi warga, khususnya lansia dan anak-anak menggunakan perahu karet di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Pelaksanaan evakuasi tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara AKP Basori Alwi, SH, MH dan Kapolsek Pesanggaran AKP Heri Purnomo, SH.

“Ada 30 personel yang dilengkapi dua perahu karet kita kerahkan ke lokasi tersebut untuk membantu evakuasi warga di desa terdampak banjir,” ujar Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman, SIK, MSi melalui Kabagops Kompol Syamsudin, SH.

Selain Desa Sumberagung, ada tiga desa lain yang terdampak banjir, yakni Dusun Ringin Agung Desa Pesanggaran, Desa Kandangan dan Desa Sarongan. Ketinggian air antara 30 cm sampai 80 cm dan masuk ke jalan-jalan desa serta pekarangan masyarakat.

“Kami menghimbau warga yang tinggal dekat sungai untuk selalu waspada, mengingat curah hujan tinggi. Bila terjadi hujan lagi, kami harap warga segera siaga dan waspada mengamankan benda berharga sebelum banjir datang,” ujar Kompol Syamsudin.

Ditambahkannya, kondisi banjir yang merendam perumahan warga di Desa Sumberagung, sudah terjadi sejak dua hari lalu. Akibatnya perkampungan tedampak banjir jadi terisolir, karena akses jalan terputus. “Untuk itu warga dievakuasi ke tempat yang lebih aman oleh polres yang bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi,” tandasnya. (Hakim Said/red)

Caption : Proses evakuasi warga oleh Sat Sabhara Polres Banyuwangi menggunakan perahu karet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *