DaerahJawa TimurReligi

Safari Ramadhan di SMPN 1 Tlogosari, Bupati Himbau Dispendik Tingkatkan Inovasi Menghafal Al-Qur’an

BeritaNasional.ID, Bondowoso Jawa Timur – Memasuki puasa yang ke-13 di bulan Ramadhan 1444 H, Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin kembali melaksanakan Safari Pendidikan. Kali ini bertempat di SMPN 1 Tlogosari/Wilayah Sub Rayon 4, Selasa (04/04/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik), Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.M., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ghozal Rawan, Plt Kabag Prokopim, Drs. Ec. Adi Sunaryadi, Kabag Kesra, Ir. Chritianto, Muspika Kecamatan Tlogosari, Kepala Sekolah (KS) serta perwakilan wali murid.

Dalam laporannya, Koordinator Sub Rayon 4, Nur Hairi, S.Ag., mengatakan, sebelum para pelajar melakukan prosesi wisuda, mereka terlebih dahulu menjalani Munaqoshah.  “Perlu kami laporkan, pelaksanaan prosesi wisuda tahfidzul Qur’an ini diawali dengan Munaqoshah oleh Ust Sholeh, salah satu pengurus LPTQ Kabupaten Bondowoso yang dilaksanakan di SMPN 1 Pujer,” ungkap Nur, sapaannya.

KS SMPN 1 Tlogosari itu menambahkan, prosesi wisuda kali ini diikuti oleh 27 pelajar dari 7 lembaga pendidikan jenjang SLTP yang tergabung dalam Wilayah Sub Rayon 4.

Sementara itu, Bupati Bondowoso, Drs. KH. Salwa Arifin mengaku bangga atas meriahnya prosesi wisuda tahfidzul Qur’an yang dilaksanakan di SMPN 1 Tlogoasari. “Hal ini menunjukkan, program ini mendapatkan respon dan dukungan dari semua pihak, baik dari guru, KS maupun wali santri,” ujar Bupati.

Menurutnya, wisuda tahfidz Al-Qur’an ini bisa terlaksana berkat dilaksanakannya program literasi mengaji Al-Qur’an. “Oleh karena itu saya tekankan, saya himbau kepada Kadispendik, Sugiono Eksantoso agar literasi Al-Qur’an ditingkatkan menjadi lebih baik dan perlu ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya,” pinta Bupati.

Menanggapi permintaan Bupatitersebut, Kadispendik berjanji akan mengupayakan memenuhi himbauan dari orang nomor 1 di Bondowoso itu. “Kedepan, jumlah peserta wisuda akan kita tingkatkan, hari ini kan baru 27 peserta yang hafal juz 30,” jelas Kadisdik.

Kadisdik berkeyakinan, Bupati pasti merasa puas akan hasil hafalan yang dijalankan anak-anak selama berbulan-bulan. “Paling tidak nanti kita usahakan 20% siswa yang tergabung dalam wilayah Sub Rayon 4 sudah bisa hafal juz 30,” urainya.

Di tempat yang sama, salah satu siswa yang diwisuda Bupati Bondowoso, M. Nabil Maulidi mengatakan bangga, hafalannya selama berbulan-bulan akhirnya membuahkan hasil yang baik. “Apalagi bisa di wisuda Bupati, menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya,” tutur Nabil.

Siswa SMPN 1 Pujer itu menambahkan, pihaknya bersama teman-teman yang lain menjalani prosesi hafalan agar bisa diwisuda oleh Bupati membutuhkan wakatu selama 7 bulan lamanya. “Setoran hafalan tiap hari secara Daring (Online) kepada guru PAI di sekolah,” pungkasnya.

Selain menambah jumlah wisuda Hafidz/Hafidzah, Dinas Pendidikan juga memiliki target untuk menambah porsi hafalan, dari juz 30 menjadi juz 30 dan juz 1.

Pewarta : Zainul Muhaimin

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button