HeadlineMenuju Pemilu 2024

Sah ! Ini Nomor Urut Pasangan Capres Cawapres 2024

BeritaNasional.ID, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024, Selasa (14/11/2023). Proses pengundian nomor urut dilakukan di kantor KPU, Jakarta dibuka oleh Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Sebelum pengundian nomor urut, acara diawali gala dinner atau makan malam antara KPU bersama pasangan calon dan parpol pengusung. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan tata tertib.

Pengambilan undian nomor urut peserta Pilpres 2024 dilakukan dua tahap. Tahap pertama ialah pengambilan antrean undian nomor urut, dimulai dari pasangan calon yang mendaftar lebih dulu ke KPU.

Setelah antrean nomor urut itu dibuka, barulah dilanjutkan dengan tahap kedua, yakni pengambilan undian nomor urut. Pasangan capres-cawapres yang mendapat antrean pertama diberi kesempatan untuk mengambil undian lebih awal.

Dalam proses pengundian, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendapatkan kesempatan pertama dan mendapatkan nomor urut 1. Selanjutnya pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapatkan nomor urut 3. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada giliran terakhir mendapatkan nomor urut 2. Nomor urut Pilpres 2024 itu kemudian ditetapkan oleh KPU. (noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button