Jawa TimurNasionalRagamSitubondo

Sambangi Pasangan Suami Istri Lumpuh, Nasim Khan Beri Bantuan Modal Usaha

SITUBONDO, BeritaNasional.id – Anggota DPR RI dari Dapil Jatim III (Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi) Ir.HM.Nasim Khan, menyambangi pasangan suami istri bernama Rusdan (66 tahun) dan istrinya Rustima (63), KP Sokparse Rt 02 RW 08, Desa Wringin anom, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, yang menderita kelumpuhan akibat stroke selama sembilan tahun. Sabtu (30/9/2023).

Pasangan suami istri itu kini tinggal bersama anak perempuannya Fatmawati (43) yang juga menjanda akibat ditinggal oleh suaminya karena tidak setuju harus merawat orang stroke, untuk keperluan sehari – hari keluarga tersebut hanya mengandalkan uluran tangan tetangga dan hutang mingguan dari satu koperasi ke koperasi lainnya..

“Salah satu kewenangan yang melekat pada wakil rakyat itu adalah fungsi pengawasan dibidang anggaran, ternyata masih banyak kami temukan di daerah – daerah terutama di Situbondo masyarakat yang belum mendapat jaminan ekonomi dan jaminan kesehatan dari Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan pemerintah pusat,”Kata Nasim.

Rusdan pensiunan pegawai PG Asembagus kakinya diamputasi sejak 2014

Dengan fakta dilapangan itu, Nasim berkesimpulan bahwa seoalah – olah bantuan pemerintah itu tidak mendapat kawalan yang benar dari Pemkab, Provinsi, DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR RI. Karena ternyata masih bantuan – bantuan tersebut masih tidak tepat sasaran.

“Ini tentu menjadi PR kita bersama, karena sebetulnya program dari pemerintah pusat sudah banyak tapi fakta dilapaangan masih banyak masyarakat kita belum pernah mendapat bantuan jaminan ekonomi, jaminan kesehatan dari pemerintah,Karena tidak masuk dalam data, ” sambungnya.

Untuk membantu meringankan beban Fatmawati, Nasim Khan pun meminta ia membuka usaha didepan rumahnya, agar keperluan mereka sehari – hari bisa lebih terjamin.

“Kita sudah sampaikan, bahwa silahkan pikirkan usaha jenis apa yang bisa dilakukan mbak Fatmawati dari rumah, agar tidak harus bekerja jauh dari rumah mengingat kedua orang tuanya lumpuh, setelah ketemu jenis usaha yang cocok saya minta tim saya untuk mengurus dan semua modal usaha kita siapkan, ” pungkas Nasim.

Dalam merawat kedua oramg tuanya yang lumpuh, Fatmawati hanya bisa melakulan ala kadarnya. ia menuturkan jika sang ayah harus diamputasi pada 2014 dan ibunya menderita kelumpuhan sejak setahun terakhir.

“Saya anak satu – satunya, jadi selama saya merawat ayah dan ibu, saya tidak bisa bekerja maksimal karena tidak bisa meninggalkan kedua orang tua saya, terlebih kini saya juga sudah bercerai karena suami tak kuat harus merawat orang tua, kami samhat berterima kasih sama Bang Nasim yang sudah sudah meluangkan waktu datang melihat masyarakat seperti kami, ” tuturnya.

Mendapat kunjungan dari Nasim Khan kedua suami istri yang lumpuh itu tak kuasa menahan tangis karena terharu, disela – sela keharuan itu, mereka mendoakan anggota komisi VI DPR RI itu agar terpilih kembali menjadi wakil rakyat di senayan.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button