DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Satgas PMK Arjasa Situbondo Cegat Kendaraan Bermuatan Hewan Ternak

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Anggota Koramil 0823/10 Arjasa, Anggota Polsek Arjasa, Satpol PP Kecamatan Arjasa, dokter hewan Puskeswan Wilayah Kerja Arjasa dan pihak lainnya yang tergabung dalam Satgas Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak melakukan pencegatan sekaligus pemeriksaan terhadap kendaraan yang bermuatan hewan ternak, Kamis (2/6/2022).

Pemeriksaan dan penyekatan terhadap kendaraan yang memuat hewan ternak tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo.

Keterangan yang disampaikan Batuud Koramil 0823-10 Arjasa, Pelda Eko Suyatnomo mengatakan, pemeriksaan terhadap hewan ternak yang akan di bawa ke Pasar Hewan Asembagus tersebut, dilaksanakan di Simpang Tiga Congap, Desa Lamongan, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo.

“Kendaraan yang mengangkut hewan ternak diperiksa oleh dokter hewan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Dalam pemeriksaan hewan ternak dan sapi tersebut tidak ditemukan adanya gejala yang mengarah pada Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak yang diangkut mobil itu,” terang Pelda Eko Suyatnomo.

Lebih lanjut, Pelda Eko Suyatnomo mengatakan, pemeriksaan terhadap hewan ternak yang diangkut 8 kendaraan pick up tersebut, berlangsung aman dan kendaraan tersebut diperbolehkan membawa hewan ternak yang akan di jual ke Pasar Hewan di wilayah Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo.

“Semua kendaraan yang bermuatan sapi dan kambing setelah dilakukan pemeriksaan diperbolehkan membawa hewan ternaknya di jual ke Pasar Hewan Kemisan Asembagus,” tutur anggota Koramil 0823/10 Arjasa, Pelda Eko Suyatnomo.

Kegiatan penyekatan sekaligus pemeriksaan hewan ternak ini, kata Pelda Eko Suyatnomo, diikuti oleh Kapolsek Arjasa, AKP Suratman, Camat Arjasa, Drs. H. Suradi, Dokter Hewan wilayah kerja Kecamatan Arjasa Drh. Dini Ardiningtiar bersama 4 petugas kesehatan ternak lainnya, Anggota Polsek Arjasa 4 Personil, Anggota Koramil Arjasa 2 Personil dan Satpol PP Kecamatan Arjasa 1 personil.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button