DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Satgas PMK Banyuglugur Situbondo Lakukan Penyekatan Terhadap Kendaraan Pengakut Sapi

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada hewan ternak sapi maupun kambing, Satgas PMK Kecamatan Banyuglugur melakukan penyekatan dan pemeriksaan hewan ternak yang diangkut truk maupun pick up, Selasa (07-06-2022).

Penyekatan dan pemeriksaan perdagangan hewan ternak dalam rangka antisipasi Penyeberan PMK pada hewan ternak ini, berlangsung di depan Mapolsek Banyuglugur Kabupaten Situbondo dilakukan oleh Satgas PMK Kecamatan Banyuglugur.

Penyekatan dan pemeriksaan hewan ternak yang diangkut mobil truk dan pick up ini, dilakukuan oleh Kepala Puskeswan Drh Eko Cahyo, Drh Jaki beserta 3 orang stafnya dari Dinas Peternakan dan Perikanan Situbondo, Mantri Hewan Desa Banyuglugur Sunjoto, Kapolsek Banyuglugur AKP Sutanto SH, Sekcam Banyuglugur Budiyono, Anggota Polsek Banyuglugur, Anggota Koramil 0823/17 Banyuglugur sertu Tamrin dan staf Trantib Kecamatan Banyuglugur.

Keterangan yang disampaikan Sertu Tamrin anggota Koramil Banyuglugur mengatakan, petugas melaksanakan pemeriksaan terhadap kendaraan truck dan pick up yang mengankut sapi dan kambing. “Jika truk dan pick up yang mengakut sapi tidak dilengkapi surat-surat sehat atau sertifikasi pelepasan karantina hewan, maka kita lakukan pemeriksaan kesehatan pada ternak yang diangkutnya,” jelas Sertu Tamrin.

Kegiatan ini dilakukan, kata Sertu Tamrin, khusus kendaraan yang mengangkut hewan ternak dari kabupaten lain menuju ke Kabupaten Situbondo. “Pengawasan keluar masuknya distribusi hewan ke wilayah Situbondo ini, bertujuan deteksi dini pencegahan wabah PMK pada hewan ternak,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button