Kalimantan Barat

Satlantas Polres Sekadau Sosialisasikan Ops Zebra Kapuas di Kampus Keling Kumang

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Satlantas Polres Sekadau pada Rabu (6/9/2023) melalui program Police Goes To Campus mengadakan sosialisasi tentang Operasi Zebra Kapuas 2023 di Kampus Keling Kumang Sekadau, Jl. Merdeka Selatan, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir.

Kanit Kamsel Satlantas Polres Sekadau, Aipda Yuni Iswandi, selaku Kasatgas Preemtif operasi Zebra Kapuas, menjelaskan bahwa pelaksanaan operasi berlangsung selama 14 hari dari tanggal 4 hingga 17 September 2023, dengan tema “Kamseltibcarlantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024.

“Operasi Zebra Kapuas ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat Sekadau memasuki Pemilihan Umum 2024. Selain itu, operasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas guna mengurangi angka kecelakaan serta menciptakan kondisi yang kondusif di wilayah hukum Polres Sekadau,” ujar Aipda Yuni kepada mahasiswa Keling Kumang Sekadau.

Aipda Yuni juga memaparkan mengenai tujuh pelanggaran lalu lintas yang memiliki potensi tinggi menyebabkan kecelakaan fatal. Pelanggaran-pelanggaran tersebut antara lain pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI, melawan arus, melampaui batas kecepatan, mengemudi di bawah pengaruh minuman alkohol, penggunaan knalpot tidak standar, dan pelanggaran Over Load dan over dimensi serta TNKB tidak sesuai.

Dalam kesempatan itu juga, Aipda Yuni mengajak para mahasiswa ikut serta menciptakan keselamatan berlalu lintas dengan mentaati aturan dan memprioritaskan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

“Mari menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dengan cara mengajak dan menghimbau keluarga, kerabat serta teman untuk menerapkan keselamatan berlalu lintas di lingkungan kampus maupun di rumah masing-masing,” ajaknya.

Kapolres Sekadau, AKBP Suyono, melalui Kasi Humas IPTU Agus Junaidi, mengungkapkan bahwa kegiatan Police Goes To Campus yang diadakan oleh Satlantas merupakan bagian dari rangkaian operasi Zebra Kapuas di Polres Sekadau yang mengedepankan tindakan preventif dan preemtif.

“Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas serta berkontribusi dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas,” ujar Kasi Humas. (Cs)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button