DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Satpam Pertamina STS Kalbut Situbondo Sabet Juara Satu Lomba Drill Borgol dan Tongkat T

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 Satpam yang dilaksanakan Polres Situbondo dihiasi dengan pemberian piala dan piagam penghargan terhadap Satpam Pertamina STS Kalbut Situbondo yang menjadi juara 1 Lomba Drill Borgol dan Tongkat T, Senin (30/1/2023).

Paigam penghargaan dan piala tersebut diserahkan langsung oleh Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H, S.I.K, M.H. kepada Satpam Pertamina STS Kalbut, juara satu lomba Lomba Drill Borgol dan Tongkat T, Satpam BRI juara dua dan Satpam PT PMMP Landangan juara tiga.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto dalam amanatnya menjelaskan bahwa, Satpam atau Satuan Pengamanan yang bertugas menjaga keamanan di perusahaan-perusahaan, perbankan, perkebunan dan waker-waker di tempat lainnya telah diatur dalam Pasal 3 Ayat 1 huruf Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri yang berbunyi pengemban fungsi kepolisian adalah Kepolisian Republik Negara yang dibantu oleh bentuk-bentuk pengamanan Swakarsa.

“Sebagai bentuk pemeliaraan Satpam, Polri telah mengeluarkan Porpol Nomor 1 Tahun 2003 tentang perubahan Perpol Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa yang menjadi landasan hukum profesi Satpam. Perpol tersebut juga mengatur tentang perubahan seragam Satpam. Perubahan seragam Satpam ini selain bentuk moderenisasi Satpam juga agar tidak penyebabkan kebingungan masyarakat terhapan Polri dan Satpam ketika bertugas dilapangan,” jelas Kapolres Situbondo.

Lebih lanjut, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, keberadaan Satpam merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungannya secara swakarsa guna mencegah gangguan ketertiban dan keamanan. “Peran Satpam banyak digunakan untuk mendeteksi dan mencegah kegiatan kriminal. Dalam perkembangannya Satpam menjadi eksensial diberbagai disektor seperti industri, perkantoran, pendidikan, pariwisata dan lembaga pemerintah maupun lembaga non pemerintahan.

“Dengan komposisi khusus yang tidak dimiliki masyarakat pada umumnya, Satpam terus membantu Polri dalam menghadapi tantangan tugas seperti pada penanganan pandemi Covid-19. Kami sangat merasakan peran rekan-rekan Satpam ketika melakukan strategi pengendalian Covid-19 terkait penguatan protokol kesehatan ditempat-tempat keramaian masyarakat maupun tempat tugasnya masing-masing,” jelas AKBP Dwi.

Untuk itu, sambung AKBP Dwi, bertepatan dengan peringatan HUT ke 42 Satpam, keluarga besar Kepolisian Resor Situbondo mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada rekan-rekan Satpam yang telah membantu atau mendukung Polri selama ini. “Kami ucapkan terima kasih atas dukungan Satpam yang telah membantu Polri dan kami ucapkan Dirgahayu ke 42 Satpam. Semoga Satpam semakin profesional mendukung Polri dalam melaksanakan tugas keamanan,” pungkasnya.

Sementara itu, R. Budi Sulistyanto Loading Master Pertamina STS Kalbut bersama Tim Security mengatakan bangga bisa menghadiri upacara peringatan HUT ke-42 Satpam yang dipimpin langsung oleh Kapolres Situbondo. “Tentunya suatu kehormatan bagi kami karena Tim Security Pertamina STS Kalbut dipercaya untuk melaksanakan Peragaan Drill Borgol Seri I, Seri II, dan Seri III di hadapan seluruh peserta upacara dan tamu undangan,” jelas R. Budi Sulistyanto Loading Master Pertamina STS Kalbut Situbondo.

Tim Security Pertamina STS Kalbut, sambung R. Budi Sulistyanto, sebelumnya berhasil menjadi Juara I dalam Lomba Drill Borgol dan Tongkat T antar instansi Se-Kabupaten Situbondo yang diselenggarakan oleh Polres Situbondo. “Saat upacara peringatan HUT ke-42 Satpam, Security Pertamina STS Kalbut menerima piala dan piagam penghargaan dari Kapolres Situbondo,” pungkas Loading Master Pertamina STS Kalbut Situbondo.

Dilain pihak, penata Regu Security Budi Haryono sekaligus menjadi Komandan Tim Security Pertamina STS Kalbut menambahkan, jika Timnya merasa puas dengan pencapaian ini. “Latihan dari kawan – kawan anggota Security Pertamina STS Kalbut, selama ini membuahkan hasil manis. Kami berhasil membuktikan bahwa kami layak untuk menjadi tim yang terbaik Se-Kabupaten Situbondo dan mengharumkan nama perusahaan Pertamina STS Kalbut khususnya,” jelasnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Budi Haryono, namun dia juga menjelaskan bahwa, Tim Security Pertamina STS Kalbut berhasil menambah koleksi Piala dan Piagam yang di simpan di almari kantor Pertamina STS Kalbut. “Secara umum kegiatan kami selalu didukung oleh pimpinan kami Integrated Terminal Manager Tanjungwangi beserta Port Manager STS Kalbut,” terang Budi Haryono. (Heru/Bernas)

R. Budi Sulistyanto Loading Master Pertamina STS Kalbut bersama Tim Security foto bersama dengan Kapolres Situbondo (Heru Hartanto/BeritaNasional.id)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button