DaerahJawa TimurSitubondo

Satpolairud Ingatkan Nelayan Situbondo Bawa Alat Keselamatan Melaut

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Satpolairud Polres Situbondo terus mengingatkan para nelayan di Pesisir Pantai Kabupaten Situbondo agar tetap menyiapkan alat keselamatan kerja ketika melaut. Sebab, dalam beberapa hari terakhir situasi wilayah perairan laut di Kabupaten Situbondo masih sering terjadi hujan disertai angin kencang dan gelombang, Selasa (19/3/2024).

“Banyak nelayan yang lalai tidak memperhatikan alat keselamatan saat melaut mencari ikan. Sehingga, keselamatannya terancam saat bertemu dengan cuaca ekstrem baik angin kencang maupun gelombang tinggi,” jelas Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H melalui Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa.

Untuk karena itu, sambung AKP Gede Sukarmadiyasa, bimbingan masyarakat perairan terus proaktif dilakukan oleh Satpolairud Polres Situbondo. “Kita turun ke masyarakat nelayan untuk mengingatkan dan mengimbau pentingnya membawa alat keselamatan kerja di laut,” ujarnya.

Lebih lanjut, AKP Gede Sukarmadiyasa mengatakan, nelayan ketika akan melaut harus mau membawa Life Jaket (pelampung) maupun Ring Lifebuoy yang dapat membantu menyelamatkan nelayan saat terjadi kecelakaan laut atau saat ada kerusakan pada mesin perahunya.

Tak hanya itu yang disampaikan AKP Gede Sukarmadiyasa, namun dia mengatakan bahwa kegiatan Binmas Perairan ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk mencegah kecelakaan di laut dengan memberikan imbauan kepada masyarakat nelayan.

“Anggota Satpoairud selalu mengingatkan dan menekankan kepada para nelayan untuk selalu membawa alat-alat keselamatan di laut untuk menyelamatkan diri apabila terjadi gangguan cuaca di tengah laut. Dan yang tidak kalah penting, nelayan juga harus membawa alat komunikasi, sehingga ketika terjadi gangguan mesin rusak terjadi gelombang besar bisa menghubungi keluarga atau aparat dan memberitahukan posisi sehingga cepat melakukan pertolongan,” harap AKP Gede. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button