BanjirDaerahJawa TimurSitubondo

Sebanyak 122 Rumah Warga Desa Kalimas dan Besuki Situbondo Terendam Banjir

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Akibat hujan intensitas lebat dan sungai tidak mampu menampung debit air, sebanyak 122 rumah terendam banjir di Desa Besuki dan Desa Kalimas, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, Minggu (17/03/2024).

“Sejak sore hingga malam hari wilayah Kecamatan Besuki termasuk Desa Kalimas diguyur hujan intensitas lebat dan di sertai angin. Dan sekitar Pukul 22.30 WIB debit air Kali Jumain mulai naik hingga akhirnya meluap dan menggenangi ke pemukiman warga setempat dengan ketinggian air kurang lebih 80 hingga 100 cm,” jelas Puriyono penyusun data pada BPBD Kabupaten Situbondo.

Lebih lanjut, Puriyono menjelaskan, dalam peristiwa banjir luapan Sungai Jumain ini, tidak ada korban luka maupun korban jiwa.

Adapun, sambung Puriyono, rumah penduduk yang terendam banjir luapan sungai antara lain, sebanyak 45 rumah warga di KP. Kota Timur, Desa Besuki, Kecamatan Besuki kebanjiran. Sebanyak 12 rumah di KP. Rawan, Desa Besuki, Kecamatan Besuki kebanjiran. Selanjutnya, sebanyak 65 rumah di KP. Krajan, Desa Kalimas, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo juga terendam banjir.

Tak hanya itu yang disampaikan Puriyono dalam susunan laporannya, nemun dia menerangkan, langkah-langkah penanganan bencana yang dilakukan anggota Pusdalops dan TRC ( Tim Reaksi Cepat ) BPBD Kabupaten Situbondo, yakni meninjau secara langsung lokasi kejadian, melakukan Assesment atau Kaji cepat terkait kerusakan, kerugian dan sumber daya yang terdampak di lokasi kejadian.

Selain itu, imbuh Puriyono, BPBD Kabupaten Situbondo juga memberi himbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman atau potensi terjadinya bencana, mengingat cuaca Ekstrem angin kencang dan hujan intensitas lebat sering terjadi diwilayah Kabupaten Situbondo. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button