DaerahJawa TimurSitubondo

Sebanyak 172 Peternak Sapi dan Domba Ikuti Kontes Ternak di Situbondo

BeritaNasional.ID- SITUBONDO JATIM, – Dinas Peternakan dan Perikanan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo melaksanakan kontes ternak tahun 2023. Kontes ternak yang berlangsung di Alun-alun Besuki Kabupaten Situbondo tersebut diikuti oleh 172 peternak sapi dan domba yang ada di 17 kecamatan wilayah Kabupaten Situbondo, Rabu (31/5/2023).

Bupati Situbondo, Karna Suswandi dalam sambutannya mengatakan bahwa, Kabupaten Situbondo siap untuk menjadi tuan rumah kontes ternak tingkat Provinsi Jawa Timur. “Apabila Provinsi Jawa Timur ingin melaksanakan kontes ternak, Kabupaten Situbondo siap untuk menjadi tuan rumah,” ujar Bupati Situbondo yang akrab di panggil Bung Karna.

Merespon pernyataan yang disampaikan Bupati Situbondo dalam sambutannya tersebut, Kabid Pembibitan, Pakan dan Produksi Peternakan pada Dinas Peternakan Pemprov Jawa Timur, Kusdiarto mengatakan, pihaknya sangat berhati-hati abilala ingin melaksanakan kontes ternak tingkat nasional.

“Untuk melaksanakan kontes ternak tingkat Provinsi Jawa Timur, kami harus berhati-hati, karena penularan PMK, termasuk varian baru LSD ini sulit untuk dicegah. Namun, demikian jika vaksinasi PKM dan LSD sudah diberikan lengkap terhadap ternak sapi, maka Pemprov Jawa Timur bisa menggelar kontes ternak tingkat provinsi,” pungkas Kusdiarto.

Di lain pihak, Junaidi Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo menjelaskan, ada 12 katagori yang dilombakan dalam kontes ternak tahun 2023 ini. Diantaranya sebanyak 10 katagori untuk kontes ternak sapi dan sebanyak 2 katagori untuk kontes domba Sapudi.

“Untuk sapi yang mengikuti kontes yaitu, Jantan PO Brahman, Induk PO Brahman, Calon Induk PO Brahman, Pedet Betina PO Brahman, Kereman Ekstrem, Kereman hasil IB, Induk Hasil IB, Calon Kereman Hasil IB, Calon Induk Hasil IB, dan Pedet Betina Hasil IB. Selanjutnya, Domba Jantan dan Induk Domba Sapudi,” jelas Junaidi. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button