ACEH

Sekda Aceh Utara Harapkan Angka Stunting Segera Melandai

BeritaNasional.ID | Aceh Utara – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Utara Dr. A. Murtala, M.Si mengharapkan angka penderita Stunting didaerah nya segera melandai atau harus menurun dengan drastis.

Harapan itu disampaikan nya saat membuka kegiatan Diseminasi Audit Kasus Stunting yang berlangsung di Oproom Kantor Bupati setempat, Kamis 15 Desember 2022.

Oleh karena itu, lanjutnya, semua SKPK yang terlibat dalam TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) harus benar-benar berkerja ekstra keras dan berupaya semaksimal mungkin dalam penanganan Stunting tersebut.

“Melihat Forum Diseminasi ini dan komposisi TPPS maupun SKPK yang terlibat didalamnya, saya sangat yakin bahwa Angka Stunting di daerah kita segera akan menurun, dari angka 38.% saat ini menjadi 14,% nantinya,” sebut Murtala.

Seraya menambahkan, hal yang paling penting dalam upaya penurunan angka Stunting tersebut yakni, harus adanya komitmen dari seluruh SKPK serta diiringi kerja sama dan kerja keras.

Pada acara diseminasi itu turut dihadiri Ka.Koordinator KB & KS-Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, M. Razali, SE, Pabung-Kodim 0103, Mayor.Inf. Jailani, Ketua Tim Pakar Stunting, Dr. Lely Kusumawati, Ketua IDI, IBI, Persagi, sejumlah SKPK, Camat Paya Bakong dan sejumlah Anggota Tim TPPS Kabupaten dan Kecamatan.

Sedangkan Ketua Tim Pakar, dr. Lely Kusmayati pada acara diseminasi tersebut, memaparkan secara umum faktor-faktor penyebab dari Stunting itu sendiri, maupun hasil dari  Audit Kasus Stunting yang dilakukan di Desa Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong sebelumnya.

Sebelumnya Kepala DPM-PPKB, Fakhruradhi, SH, MH, dalam laporannya pada acara tersebut mengatakan, diseminasi audit kasus Stunting ini bertujuan untuk mengindentifikasi resiko dan penyebab pada kelompok sasaran seperti Calon Pengantin, Ibu Hamil, Ibu Nifas, Baduta dan Balita.

Sementara itu, Koordinator KB & KS Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, Muhammad Razali, SE, dalam arahannya sebelum menutup acara tersebut mengatakan Forum Diseminasi ini akan menghasilkan rekomendasi dan rumusan rencana tindak lanjut (RTL), yang selanjutnya disampaikan kepada TPPS Kabupaten Aceh Utara.

“Saya juga yakin angka Stunting di Kabupaten Aceh Utara Insya Allah akan turun drastis,” tutup Muhammad Razali.(*Fadhil).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button