BondowosoDaerahJawa TimurMenuju Pemilu 2024

Sekda Bambang Dianulir Di Bondowoso, Direkom Pusat

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Istilah dekengan (dukungan, red) Pusat cocok di sematkan Pada Sekda Bondowoso, Drs. H. Bambang Sukwanto, MM. Pasalnya, Beng-Beng, sapaannya, tidak diusulkan oleh DPRD menjadi Pj, tapi direkomendasi oleh Pemerintah Pusat.

Dalam pengusulan Pj Bupati beberapa bulan yang lalu, Beng-beng hanya mendapat dukungan dari dua Fraksi, yaitu Fraksi PPP dan PKS, yang berjumlah 11 anggota DPRD. Fraksi lain, Fraksi Golkar, PDIP, dan PKB dengan jumlah 30 orang, ‘menolak’.

Saat itu, Ketua DPRD Bondowoso, H. Ahmad Dhafir menyampaikan, Sekda Bondowoso hanya mendapat dukungan dari dua fraksi, yaitu PPP dan PKS. Sehingga, total ada 11 anggota dewan yang mengusung nama sekda.

Sementara, fraksi Golkar, PDIP, dan PKB dengan total 30 anggota dewan mengusung tiga nama yang sama. “Iya, 11 dibanding 30, ya, kalah. Sementara, kami di DPRD hanya bisa mengusulkan tiga nama. Itu sudah sesuai dengan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) RI,” kata Dhafir, sapaannya, saat itu.

Menurutnya, prosedur penentuan usulan nama Pj bupati itu telah sesuai regulasi. Bahkan, tiga nama yang ditetapkan itu telah memenuhi kuorum. Yakni didukung oleh 30 orang dari total 45 anggota DPRD Bondowoso.

“Meskipun Fraksi PPP dan PKS walk out dari rapat, penetapan tiga nama usulan itu tetap memenuhi kuorum. Karena Fraksi Gerindra masih ikut mekanisme sampai akhir,” tegasnya. Ketiga nama yang diusulkan DPRD untuk menjadi Pj Bupati Bondowoso adalah Rahmad Hidayat, Asisten Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Dasar Perkotaan dan SDA di Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI; Muhammad Ali Kuncoro, Kepala Dispora Jatim; dan Andromeda Qomariah, Kepala Dinas Koperasi UMKM Jatim.

Informasi dari Direktur Fasilitasi Kepala Daerah Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri, Jumat (22/9/2023), 13 nama Pj Bupati/Wali Kota yang telah resmi ditunjuk oleh Mendagri antara lain Pj Bupati Bondowoso dipercayakan kepada Drs. H.  Bambang Soekwanto, Msi, Sekdakab Bondowoso.

Untuk diketahui,  pada 9 Agustus lalu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa telah mengirimkan 39 nama calon penjabat (Pj) Bupati/Wali kota untuk 13 Kabupaten/Kota di Jatim. Melalui suratnya nomor 131/30005/011.2/2023, tertanggal 9 Agustus 2023.

Nama-nama usulan Khofifah untuk mengisi jabatan sebagai calon Pj Bupati/Wali kota di Jatim tersebut didominasi jajaran pejabat eselon II di Pemprov Jatim. Sementara itu dari hasil yang diumumkan Kemendagri hanya ada tiga Kepala OPD Pemprov Jatim yang menjadi Pj Kepala Daerah.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button