SumateraSumatera Utara

Sekda Kabupaten Karo Buka Kegiatan Pengelolaan Arsip Dinamis

BeritaNasional.ID, KABANJAHE SUMUT – Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Drs. Kamperas Terkelin Purba, M.Si buka kegiatan Pengelolaan Arsip Dinamis Daerah Kabupaten/Kota di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo di Hotel Suite Pakar Berastagi, Jumat (15/9/2023).

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk menjadi pedoman bagi perangkat daerah dalam mengelola arsip dinamis, menjamin terciptanya arsip dinamis sebagai bukti akuntabilitas pemerintah dan pembangunan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pengelolaan arsip dinamis yang baik.

Dalam sambutan Sekda Kab. Karo, Drs. Kamperas Terkelin Purba, M.Si menyampaikan bahwa untuk mewujudkan terpenuhinya data dan informasi yang akurat maka seluruh arsip yang disediakan harus dijamin otentik dan terpercaya.

“Peran penting arsip dinamis dalam pelaksanaan reformasi birokrasi berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, dengan menyediakan informasi autentik dan dapat dimanfaatkan oleh publik secara transparan,” ungkap sekda.

“Pengelolaan arsip di daerah seharusnya dirancang sebagai bagian dari sistem kearsipan nasional, hal ini mencerminkan kesadaran sebagai bangsa yang berbudaya dan secara langsung membuahkan hasil karya nyata dengan terpeliharanya arsip-arsip secara baik sebagai bukti keberadaan dan kinerja masing-masing dalam kerangka pembangunan nasional,” tambah sekda.

“Dengan terlaksananya pengelolaan arsip dinamis daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo ini diharapkan kepada perangkat daerah dapat mengelola arsip dengan baik,” lanjut sekda.

Sekda Kab. Karo, berharap agar seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini dengan penuh kesungguhan dan dapat dilaksanakan dengan baik serta dapat menjadikan kegiatan ini menjadi ajang pertemuan membahas peluang dan tantangan untuk program kearsipan mendatang.

Kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta yaitu Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawain dan Pengelolaan Arsip pada Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo. (Kiel)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button