AdvedtorialDaerahSulawesi

Sekda Soppeng Hadiri Launching Pertanaman Jagung Manis

BeritaNasional.ID, Soppeng – Sekertaris Daerah Kabupaten Soppeng H. A. Tenri Sessu menghadiri acara launching show window pertanaman jagung manis di Penginapan Hakata Lejja Desa Bulu’E Kecamatan Marioriawa, Selasa 21 Januari 2020.

Variates jagung manis yang di launching gubernur Nurdin Abdullah itu merupakan variates jagung NA1 dan NA2, kegiatan ini merupakan program Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Kabupaten Soppeng.

Kegiatan launching ditandai dengan penyerahan tanda daftar variates NA1 dan NA2 dari kepala balai penelitian serealia kepada Gubernur Sul-Sel didampingi Kadis Ketahanan Pangan Sulsel, dilanjutkan dengan penjelasan singkat tentang variates jagung NA1 dan NA 2 oleh Rahmi Yuliani Arfan.

Pada kesempatan tersebut sekda Soppeng juga berkenang mendampingi Gubernur sulsel untuk menyerahkan bantuan bibit mangga secara simbolis kepada kelompok tani Musang dan Mattirodeceng.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam sambutannya mengatakan syukurannya karena setelah lima tahun hasilnya sudah nampak terlihat.

“Diawalnya memang saya suka makan jagung, dan pernah saya bawah jagung dari Jepang, kasih coba semua orang dan semua orang suka. Jagung ini kalau dimakan mentah juga enak, jadi ini bukan sembarang jagung,” ungkapnya.

“Jadi ingin saya sampaikan jagung ini bukan pemberian karena saya Gubernur, memang saya bawa dan saya kembangkan bersama balitsereal, jadi saya tantang ballitsereal jangan hanya jagung pulut, tapi saya ingin kembangkan jagung manis, karena yang manis itu mahal,”lanjutnya.

“kalo ini berhasil dikembangkan, kita bisa menjadi pengexpor jagung manis dan Jepang siap untuk menjadi marekting kita,”kata Nurdin Abdullah.

Acara diakhiri dengan penanaman jagung manis variates NA1 dan NA2 oleh Gubernur Sulsel turut mendampingi Sekda Soppeng, Bupati Sidrap, forkopimda Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri Soppeng, Kadis Ketahanan Pangan Sulsel, Kepala Balitsereal Maros, Kepala BPTP Sudiang serta sejumlah kelompok tani.(*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button