Pendidikan

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Prof.Dr.Yohanes Usfunan, SH.MH Resmi Akreditasi B

BeritaNasional.ID-Kupang NTT,- usia belia yang baru menjejak empat tahun, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIKUM) Prof.Dr.Yohanes Usfunan, SH.MH berhasil meraih akreditasi dengan kategori B (Baik). Ini prestasi membanggakan mengingat kampus ini belum meluluskan mahasiswanya, dan sementara angkatan pertama sedang seminar proposal dan akan diwisudakan oktober tahun ini.

Melalui surat keputusan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor: 3678/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/VI/2022 tertanggal 14 Juni 2022  menyebutkan peringkat akreditasi Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIKUM) Prof.Dr.Yohanes Usfunan, SH.MH telah naik statusnya menjadi terakreditasi  (Baik).

“Hasil ini sangat membanggakan. STIKUM Kupang yang baru berusia empat tahun telah berhasil meraih akreditasi  tersebut. Tentu saja ini juga menjadi hal yang sangat disyukuri  seluruh civitas akademika STIKUM Kupang,” kata Sekretaris Umum Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIKUM) Prof.Dr.Yohanes Usfunan, SH.MH., Fredianus Neonnub. S.Fil.

Dikatakan, penilaian dari para assesor BAN-PT dalam kegiatan akreditasi sudah diterima kurun waktu kurang sebulan dan mendapat hasil sesuai yang diharapkan. Nilai ini berlaku selama 5 (lima) tahun dan sebelum waktunya berakhir, maka akan dinilai kembali melalui proses akreditasi secara luring.

Menurutnya, proses akreditasi dilakukan secara daring (online), mengikuti ketentuan sistem saat ini sehingga proses akreditasi pada Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIKUM) Prof.Dr.Yohanes Usfunan, SH.MH., dilakukan melalui proses daring.

“Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIKUM) Prof.Dr.Yohanes Usfunan, SH.MH., sendiri memiliki kelengkapan sarana dan prasarana yang serba baru, termasuk gedung perkuliahan, laboratorium dan fasilitas pendukung kuliah lainya. Capaian akreditasi ini, lanjut Fred bisa diraih karena seluruh SDM bekerja sama secara kompak dan solid untuk mengimplementasikan standar pendidikan yang telah ditetapkan secara nasional”, kata Fred Lulusan STFK Ledalero, yang juga sedang mengambil Pasca Sarjana Ilmu Hukum Pemerintahan di Mahendradata Bali.

Ia mengatakan dengan dukungan para dosen yang ahli dalam bidang Hukum  maka keinginan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIKUM) Prof.Dr.Yohanes Usfunan, SH.MH., menjalankan dan menerapkan proses pendidikan yang berkualitas, tahap demi tahap dapat dilakukan.

Lebih lanjut, Fred Neonnub memaparkan pihaknya bersyukur karena hasil kerja kerasnya dan seluruh civitas akademika di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIKUM) Prof.Dr.Yohanes Usfunan, SH.MH.,
saat ini telah diakui dengan kenaikan akreditasi dengan kategori (Baik), hanya dalam waktu tak lebih empat tahun.

“Namun, kami tidak akan puas terhadap hal ini. Untuk itu kami harus lebih bekerja keras lagi mencapai akreditasi unggul di kemudian hari, sesuai target yang kami canangkan,” kata dia. Tahun ini menjadi tahun kebahagiaan bagi Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIKUM) Prof.Dr.Yohanes Usfunan, SH.MH.

Di tengah Covid-19, saat penerimaan mahasiswa baru lalu, jumlah mahasiswa baru yang mendaftar justru meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Kami berterima kasih atas tingginya kepercayaan publik pada Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIKUM) Prof.Dr.Yohanes Usfunan, SH.MH., Ini menjadi amanah yang harus kami jaga,” tutup Fred. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button