Timor Leste

Semakin Mendekat, 16 Kandidat Warnai Pilpres Timor Leste

BeritaNasional.ID-Kupang NTT,- Pemilihan Presiden (Pilpres) Negara Timor Leste tinggal menghitung hari. Tanggal 19 Maret 2022 negara bertajuk Matahari terbit ini akan melaksanakan pesta demokrasi akbar tersebut.

Hingga saat ini masih sulit diprediksi figur dan partai apa yang akan dominan sebagai pemenang. Namun dari konstalasi yang ada Partai Conselho Nacional de ResistĂȘncia Timorense (CNRT) yang dipimpin Kayrala Xanana Gusmao dianggap masih solid dan kuat.

Hal ini diungkapkan Kiera Zein,   seorang Warga Districk Maliana, Timor Leste, Sabtu, 12 Maret 2022, kepada media ini.

Kiera Zein adalah tokoh informal, seorang musisi Timor Leste yang memilih menjadi petani, membuka usaha Coffe dan Bar di Distrik Maliana serta studio latihan musik di Dili dan berapa tempat lainnya.

Kiera adalah eks pemimpin program Civic Education UNDP Timor Leste, punya pengalaman menanamkan pendidikan kewarganegaraan bagi masyarakat hingga ke pelosok-pelosok di awal kemerdekaan.

Menurutnya kesulitan memprediksi siapa dan partai mana sebagai pemenang mayoritas ini karena jumlah calon presiden cukup banyak yaitu 16 orang kandidat.

“Terlalu banyak calon yang bikin suara pemilih pecah Kemungkinan pertama. Misalnya Fretilin, dengan adanya Lere,(Lere Anan Timor)  sebagian suara pastinya Fretilin akan memilih Lere. Begitu juga partai lainnya, seperti Partai Demokrat,” jelas Kiera.

“CNRT kelihatannya masih solid, tapi dengan adanya calon lain yang berkualitas, seperti Mana Milena Pires, kemungkinan beberapa suaranya CNRT juga bisa bocor,” sambungnya.

Juga katanya munculnya figur alternatif seperti Virgilio Gutteres, Capres nomor 12 menjadi perhatian kalangan aktivis dan intelektual.

Adapun 16 Kandidat Calon Presiden Timor Leste diantaranya:
1. Isabel da Costa Ferreira
2. Hermes da Rosa Ceorreia Barros
3. Maria Angela Freitas da Silva
4. Rogerio Lobato
5. Anacieto Bento Fereira
6. Francisco Guterres Lu Olo (petahana)
7.Maria Elena Lopez da Jesus Pire
8. Lere Anan Timur (Panglima Tentara Timor Leste)
9. Armanda Berta Dos Santos
10. Antero Benedito da Silva
11. Constancio Pinto
12. Virgilio Guterres
13. Martinho Gusmao
14. Jose Ramos Horta (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button