BanjirJawa Timur

Semalam, Air Meluber Hingga Jalan Di Jembatan Tenggarang Bondowoso

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM- Petugas Penyelamatan Satpol PP dan Damkar Bondowoso berhasil membersihkan saluran air di sungai yang berlokasi di jalan Situbondo, jembatan Tenggarang sebelah Kantor BLK dari sumbatan sampah dan material lumpur yang menyumbat aliran air, Sabtu malam (6/5/2023).

Menurut Kepala Seksi Penyelamatan Satpol PP dan Damkar, Kasim, sampah yang ada kemungkinan berasal dari rumah tangga dan lainnya. Saat penghujan terbawa arus air lalu masuk ke dalam sungai.

Banyaknya material sampah dan lumpur di duga terkumpul sudah cukup lama. Kondisi ini yang menyebabkan terjadi sumbatan air sehingga harus dibersihkan.

“Ini karena ada warga yang kadang kurang sadar buang sampah sembarang, jadi terbawa air. Kalau lumpur kemungkinan karena sungai tersebut lama tidak dibersihkan,” kata Kasim.

Ia menjelaskan, dikarenakan tidak secara turin melakukan pembersihan, limbah sampah yang terbawa arus air terus menumpuk sehingga terjadi sumbatan.

“Ini kemungkinan jarang dibersihkan,” terangnya. Sementara saat turun hujan lebat volume air dari saluran air yang tertampung cukup banyak, akhirnya meluber ke badan jalan.

“Beberapa hari yang lalu, hujan agak lebat itu ada meluap ke jalan, jadi harus di bersihkan,” jelasnya. Secara teknis selain tumpukan sampah dan lumpur, sehingga tidak bisa mengalirkan air secara lancar menyebabkan gampang terjadi sumbatan.

Petugas harus turun ke sungai untuk memudahkan pekerjaan evakuasi material sampah dari dasar saluran. Petugas membersihkan material yang menyumbat sehingga aliran air bisa kembali mengalir lancar. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button