BatubaraDaerah

Seminar Transformasi Sistem Kesehatan, T.A 2024 Pemkab Batu Bara Kembangkan Pustu Jadi Posyandu Prima

BeritaNasional.ID, BATU BARA SUMUT – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Kabupaten Batu Bara menggelar seminar Transformasi Sistem Kesehatan yang diikuti seluruh Kepala Puskesmas dan Sekretaris Kecamatan se-Kabupaten Batu Bara.

Seminar ini difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dengan menghadirkan 3 narasumber dari Pemkab Batu Bara melalui Dinas Kesehatan PPKB, Dinas PMD dan Bapelitbangda yang dilaksanakan di Singapore Land Kecamatan Sei Balai, Selasa (15/08/23).

Plt. Kadis Kesehatan P2KB Kabupaten Batu Bara dr Deni Syahputra melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Abdul Fuad Helmi SKM M.Kes menjelaskan kegiatan dititikberatkan pada pembinaan Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) dalam rangka integrasi layanan primer Kabupaten Batu Bara Tahun 2023.

“Sebagaimana diketahui, menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2007, Pokjanal Posyandu adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan /  pengelolaan Posyandu,” sebutnya.

Sebagai narasumber Abdul Fuad Helmi mengungkapkan, bahwa Kemenkes berkomitmen untuk melakukan transformasi sistem kesehatan melalui 6 pilar transformasi penopang kesehatan Indonesia.

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Bidang Kesehatan ada 5 langkah yang akan ditempuh Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Batu Bara.

Kelima langkah ini, Fuad menjelaskan yang pertama adalah meningkatkan kesehatan ibu dan anak, KB dan Kesehatan Reproduksi. Kedua, mempercepat perbaikan gizi masyarakat, Ketiga, memperbaiki pengendalian penyakit, keempat menggelorakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan kelima memperkuat sistem Kesehatan, pengendalian obat dan makanan.

“Sedangkan 6 pilar transformasi penopang kesehatan Indonesia dilakukan melalui 6 langkah kongkrit,” jelas Fuad.

Keenam langkah tersebut adalah transformasi layanan primer dalam bentuk edukasi penduduk, pencegahan primer, pencegahan sekunder dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan primer.

Kemudian transformasi layanan rujukan dengan meningkatkan akses da mutu layanan sekunder dan tersier. Selanjutnya transformasi sistem ketahanan Kesehatan dengan meningkatkan ketahanan sektor farmasi dan alat kesehatan, memperkuat ketahanan tanggap darurat.

Dan 3 langkah berikutnya menyangkut transformasi sistem pelayanan kesehatan serta transformasi SDM Kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.

Abdul Fuad juga mengungkapkan program Pemkab Batu Bara pada T.A 2024 dalam bidang kesehatan akan mengembangkan Pustu menjadi Posyandu Prima di 4 Kecamatan yakni Kecamatan Nibung Hangus dengan 5 Pustu, Tanjung Tiram dengan 6 Pustu, Talawi dengan 5 Pustu dan Lima Puluh Pesisir dengan 4 Pustu. (Fitrah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button