ACEH

Sertijab Kapala Rutan Jantho Berjalan Dengan Lancar dan Khidmat

Beritanasional.Id, Kota Jantho – Prosesi serahterima jabatan kepala Rumah Tahanan Negeri (Rutan) kelas II B Jantho dari Yusnaidi, SH kepada Drs.Bambang Waluyo yang berlangsung di Aula Rutan setempat berjalan lancar dan Khidmat, Sabtu (11/1/20).

Sertijab tersebut turut dihadiri oleh Kakanwilkemenkumham Aceh yang diwakili oleh Kepala Divisi Lembaga Pemasyarakatan, Drs. Meurah Budiman, SH, MH, unsur Forkopimda Aceh Besar dan seluruh staf Sipir Rutan setempat.

Dalam sambutan Kakanwilkemenkumham Aceh yang disampaikan oleh Kadiv Lembaga Pemasyarakatan, Meurah Budiman, menyebutkan mutasi dan pindah tugas dari satu rutan ke rutan lainnya baik dalam maupun luar daerah merupakan lumrah bagi jajaran Kemenkumham. Oleh sebab itu dimana saja bertugas, hendapnya dapat mengedepankan etos kerja dan profesionalitas.

“Mutasi atau pemindahan tugas ke lokasi lain itu adalah lumrah bagi pegawai negeri sipil, namun sikap profesionalitas dalam mengemban tugas tentu sangat dibutuhkan dimana saja ditempatkan,” kata Meurah Budiman.

Kecuali itu, terkait dengan kapasitas lingkungan LP dan rutan maupun Bapas hampir seluruh Aceh mengalami hal yang sama, namun pihak kemenkumham akan selalu berupaya untuk memperkecil angka tersebut dengan berbagai program yang sedang digulir.

“Kondisi kapasitas hampir rata rata LP dan Rutan dalam kondisi over kapasitas, tapi kita sedang berupaya mencari solusi melalui beberapa program yang sedang berjalan,” kata Meurah.

Kemudian kepada yang Yusnaidi, Meurah mengucapkan terimakasih selamat beetugas di tempat baru, sedangkan kepada Bambang, Meurah berharap agar mampu menjalin komunikasi dan kemitraan dengan berbagai elemen pendukung yang ada sebagaimana yang sudah terjalin selama ini dibawah kepemimpinan Yusnaidi.

“Untuk saat ini kondisi Rutan Jantho maupun komunikasi dengan berbagai elemen yang sangat baik, kita berharap hal ini dipertahankan dan dapat ditingkatkan lagi oleh pejabat yang baru,” demikian pesan Meurah Budiman.

Berdasarkan data dari Kanwilkemenkumham Aceh, Yusnaidi, SH akan bertugas selanjutnya menjadi kepala Lembaga Pemasyarakatan Lhoksukon, Aceh Utara. Sementara sebagai pengganti Yusnaidi di Rutan Jantho, ditugaskan Drs. Bambang Waluyo, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Bapas Metro Lampung.

Untuk saat ini jumlah Kapasitas Rumah Tahanan Kelas II B Kota Jantho, tercatat 476 Narapidan dan Tahanan. Bila dilihat dari kapasitas yang hanya mampu menampung 150 orang, Over Kapasitas yang terjadi mencapai 200 persen lebih.

Yusnaidi, bertugas di Rutan Kelas II B Jantho, selama 3 tahun 8 hari. Sebelum bertugas di Jantho Yusnaidi adalah sebagai Kepala Lapas Idie Aceh Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Yusnaidi juga menyampaikan pemintaan maafnya kepada seluruh elemen di Kabupaten Aceh Besar, dan mengaku selama bertugas di Rutan Jantho, telah terbangun komunikasi dan kemitraan dengan berbagai elemen yang ada dengan sangat baik, sehingga memberikannya jauh lebih mudah dalam melaksanakan tugas yang diembankan.

“Terimakasi atas seluruh paatisipasi dan dukungan selama ini dan saya minta maaf atas segala sikap dan perkataan saya sekaligus atas nama keluar, barang kali selama bersama sama disini ada yang menyinggung perasaan bapak ibu, sekali lagi kami minta maaf,” ujar Yusnaidi.

Sementara, Kepala Rutan yang baru Drs. Bambang Waluyo, berjanji akan melaksanakan tugas yang diembankan tersebut dengan seoptimal mungkin kemampuan yang ia miliki dan juga sejumlah program yang positif yang pernah dan sedang dijalankan selama ini akan dilanjutkan kedepan.

“Setiap program yang positif sudah pasti kita lanjutkan, namun saya sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak, supaya tugas ini mampu saya jalankan sebagaimana mestinya,” demikian pungkas Bambang Waluyo.(Alan)

Author: Dahlan Alan

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close