DaerahEkonomiJawa TimurSitubondo

Sidak Harga Pasar, Bupati: Ketersediaan Bahan Pangan di Situbondo Aman Hingga Lebaran

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Bupati Situbondo, Karna Suswandi bersama Kapolres Situbondo, Dandim Situbondo, Ketua Pengadilan Situbondo, Kajari Situbondo dan Forkopimda Situbondo, Kepala Diskoperidag, Kepala Pertanian dan Ketahanan Pangan serta pihak terkait lainnya, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Tradisional Panji dan Ardirejo, Kecamatan Panji Situbondo, Jumat (8/3/2024).

Sidak tersebut dilakukan untuk memastikan harga dan ketersediaan sembako selama bulan ramadhan hingga Idul Fitri. “Alhamdulillah, harga beras medium di Pasar Panji dan Ardirejo dijual dengan harga Rp.14.500 per kilogramnya. Artinya, ada penurunan harga penjualan beras dari Rp.15.200 menjadi Rp.14.500,” kata Bupati Situbondo saat berada di Pasar Tradisional Ardirejo.

Tak hanya itu yang disampaikan Bupati yang akrab di panggil Bung Karna, namun dia mengatakan dalam sidak harga pasar sebagian harga sembako ada yang turun dan ada yang naik. “Harga sayur mayur turun, harga beras saya yakin akan terus ada penurunan mengingat di Kabupaten Situbondo akan ada panen raya,” katanya.

Untuk kebutuhan bahan pokok lainnya, sambung Bupati Karna, harga telor mengalami kenaikan, ayam potong, daging sapi dan kambing juga mengalami kenaikan harga.”Untuk itu, kami akan terus memantau harga pasar selama bulan ramadhan hingga menjelang hari raya Idul Fitri,” tegasnya.

Lebih lanjut, Bupati Karna mengatakan banwa, hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, harga sembako bisa stabil di sejumlah Pasar tradisional Situbondo dan stok pangan tersedia dengan aman. “Saya memastikan stok ketersediaan pangan di pasar pasar tradisional di wilayah Kabupaten Situbondo aman hingga hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Karna Suswandi menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo agar berbelanja sembako sewajarnya dan tidak berlebihan. “Saya mengimbau kepada masyarakat Situbondo agar berbelanja kebutuhan pokok secukupnya saja, jangan memborong sembako dan menyetok sembako di rumahnya, karena stok pangan di Situbondo tersedia lebih dari cukup hingga Idul Fitri,” pungkasnya.

Sementara itu, keterangan yang disampaikan pemilik kios Angga di Los Pasar Ardirejo mengatakan bahwa, harga sembako memasuki bulan ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, harganya naik turun. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button