DaerahJawa TimurPemerintahanSitubondo

Situbondo Ethnic Festival, Tampilkan 2000 Penari Dari Berbagai Daerah di Indonesia

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JAWA TIMUR,-Situbondo Ethnic Festival (SEF) yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo diikuti sebanyak 2000 penari yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, diantaranya Aceh dan Papua, Minggu (26/11/2023).

SEF yang di buka Bupati Situbondo Drs. Karna Suswandi dari depan Pendopo Aryo Situbondo ini, diawali dengan Tari Landhung, tari Asli Kabupaten Situbondo dan Tari Nusantara. “Event SEF kali ini mengambil tema Situbondo Legend,” kata Bupati Situbondo Karna Suswandi.

Lebih lanjut, Buapti yang akrab di sapa Bung Karna mengatakan bahwa, salah satu tujuan dari SEF ini untuk menggali seni budaya lokal Situbondo dan menyaksikan penampilan seni tari dan budaya dari kabupaten/kota di Indonesia.

“Kegiatan SEF ke-2 Tahun 2023 kita akan terus menggali potensi seni budaya lokal Situbondo yang menjadi legenda di masing-masing kecamatan yang ada dan akan terus kita kembangkan agar pecinta seni budaya di Kabupaten Situbondo berkreasi. Karena seni budaya lokal kita yakini bisa mengakat dan berkompetisi ditingkat regional, nasional bahkan internasional,” kata Bupati Situbondo Karna Suswandi.

Dalam agenda Festival Etnik Situbondo tahun ini, kata Bupati Karna, masyarakat bisa menyaksikan semua penampilan penari yang hadir dari dalam dan luar Kabupaten Situbondo, di antaranya Aceh, Papua, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Institut Kesenian Jakarta, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Institut Seni Indonesia Surakarta, Institut Seni Indonesia Denpasar, Universitas Negeri Malang, Lamongan, Lumajang, Sumenep, Banyuwangi, dan Kabupaten Bondowoso.

SEF, sambung Bupati Karna, jika dibanding-bandingkan dengan event-event di kabupaten/kota yang lain sangat berbeda. “Bedanya, selain SEF menampilkan budaya tari juga menanpilkan fhasion-nya dan carnival, karena seluruh peserta diwajibkan berjalan sepanjang 1,5 kilometer sebagai peserta,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata Bupati Situbondo, kegiatan SEF ini akan menjadi agenda tetap tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo dan diharapkan mendapat dukungan penuh dari masyarakat Kabupaten Situbondo. “Saya meminta kepada masyarakat untuk terus mendukung event SEF ini dan para pecinta seni budaya di Kabupaten Situbondo agar terus berkreasi dan menggali potensi seni budaya yang melegenda di Kabupaten Situbondo,” pungkasnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button