DaerahSosialSUMUT

SLPT Sambangi Lapas Labuhan Ruku, Alvian: Potensi Budidaya Maggot Penunjang PAD

BeritaNasional.ID – Batu Bara Sumut – Semenanjung Lestari Pantai Timur (SLPT) kembali membuat gebrakan baru. Kali ini SLPT mengegelar sosialisasi pemanfaatan sampah organik untuk budidaya maggot kepada Warga Binaan Penghuni Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku, Rabu (04/04/2023).

Peserta kegiatan merupakan WBP Lapas Labuhan Ruku yang merupakan warga Batu Bara, yang didikuti sebanyak ratusan orang, dan sosialisasi dibuka oleh Bupati Batu Bara yang diwakili oleh Asisten II, Kahirul Anwar, M.Si.

Selain itu, turut hadir Kepala Lapas Labuhan Ruku, EP Prayers Manik, Kadis Perkim dan Lingkungan Hidup Frans Fiter Batu Siregar, sedangkan sebagai pembicara Azhar, M.Pd yang sempat menduduki Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Batu Bara.

Ketua SLPT, Alvian Khomeini, S.Pd, M.Si, menegaskan bahwa kegiatan SLPT kali ini berbeda dari yang lainnya. Ia menjelaskan biasanya organisasi lingkungan ketika melaksanakan kegiatan seperti bersih-bersih lingkungan, ataupun menjadi kontrol lingkungan. Namun SLPT tampil beda.

“Kegiatan ini sengaja kami desain untuk warga binaan masyarakat Batu Bara. Mengingat, warga binaan biasanya telaten, dan memiliki waktu luang, sehingga fokus dalam bekerja apalagi dalam budidaya. Disisi lain, kegiatan ini juga menjadi bekal positif bagi warga binaan, disaat nanti keluar dari tahanan,” katanya.

Alvian juga menuturkan, hal ini juga menjadi Output bagi Pemerintah Batu Bara untuk meningkatkan PAD dalam memanfaatkan sampah.

“Kita tau sampah Organik maupun An organik menjadi potensi, terutama di daerah para pelaku UMKM nya banyak. Sehingga ini menjadi kesempatan bagi Pemkab untuk memanfaatkan budidaya maggot. Artinya SDM hari ini kita bekali lewat sosialisasi dan pengetahuan, nanti harapannya Pemkab Batu Bara akan memperdayakan warga binaan setelah bebas,” pungkas Alvian.

Alvian juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam acara ini, kepada Kalapas Labuhan Ruku, juga kepada Bupati Batu Bara, dalam hal ini yang menaungi Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kabupaten Batu Bara.

Terpisah, Bupati Batu Bara melalaui Asisten II, yang didamping Kadis Perkim dan Lingkungan Hidup, mengapresiasi ide dan gagasan dari SLPT.

“Kedepan Pemkab Batu Bara akan terus bersinergitas terhadap organisasi lingkungan terutama Semenanjung Lestari Pantai Timur,” cetusnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button