DaerahJawa TimurPendidikanReligiSitubondo

SMA Negeri 1 Situbondo Laksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Pelajar SMAN 1 Situbondo (SMASA) menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang mengusung tema “Meneladani Akhlak Rasulullah untuk Memperkokoh Soliditas dan Moderasi Beragam pada Generasi Millenial”

Maulid Nabi Muhammad SAW yang berlangsung di Aula Lantai II SMAN 1 Situbondo ini terlaksana dengan khidmat dan para pelajar khusyu dalam mendengarkan ceramah agama yang disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Situbondo Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdar. Dalam ceramahnya agamanya Habib Muhammad meminta kepada pelajar SMAN 1 Situbondo menauladani akhlak Baginda Rasulullah SAW, Senin (5/10/2023).

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Situbondo, Marta Mila Sughesti dalam sambutannya menjelaskan, acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah ini sebagai bentuk cinta dan keimanan serta ketaqwaan keluarga besar SMA Negeri 1 Situbondo kepada Nabi Muhammad SAW.

“Maulid Nabi adalah peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang merupakan pribadi paling mulia dan suri tauladan terbaik bagi umat manusia. Jika kita telaah konsep ini sebenarnya nilai dan perspektif moderasi beragama telah ada dalam pribadi Rasulullah Muhammad SAW pada ajaran-ajarannya, terukir dalam sikap-sikapnya dan terpancar pada semua tindakannya,” jelas Marta Mila Sughesti.

Lebih lanjut, Marta mengatakan, Rasulullah SAW memiliki akhlak yang mulia dalam segala aspek kehidupan. Baik dalam hubungannya dengan Allah SWT, sesama manusia, maupun alam semesta. “Ada empat akhlak mulia Rasulullah SAW yang dapat kita teladani dan kita contoh dalam kehidupan sehari-hari. Pertama shidiq, yaitu jujur. Beliau mengajarkan kita untuk selalu berkata jujur, berbuat jujur dan berprilaku jujur dan benar dalam segala hal. Karena kejujuran adalah kunci kesuksesan,” tuturnya.

Kedua, sambung Marta, adalah amanah, yaitu dapat dipercaya baik dari perkataan, prilaku dan sikap Beliau ajarkan kepada ummatnya jangan pernah mengkhianati siapapun baik teman, saudara ataupun keluarga. Ketiga adalah tabligh, Nabi Muhammad SAW ajarkan ummatnya untuk selalu menyampaikan kebenaran dan jangan pernah berbohong kepada siapapun. Keempat, kata Marta, adalah Fathonah. Nabi Muhammad SAW mengajarkan umat manusia untuk menjadi pribadi yang cerdas dan bijaksana dalam menyelesaikan seluruh masalah.

“Bapak ibu dan ananda tercinta, sungguh mulia yang beliau ajarkan. Saya percaya kita akan selalu berusaha untuk mencontoh, meniru dan meneladani akhlak beliau untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi yang akan kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari dengan cara rajin belajar, tekun beribadah, menghormati dan menyayangi orang tua, guru teman dan sesama manusia,” tutur Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Situbondo ini.

Dengan dilaksanakannya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, kata Marta, keluarga besar SMA Negeri 1 Situbondo dapat menjadi pribadi yang lebih mendekatkan diri pada Allah SWT dan lebih mencintai Rasulullah SAW. “Saya percaya dengan meneladani pribadi beliau akan membawa kita semua menjadi generasi hebat yang sukses, tercapai seluruh cita-cita dan diberikan keselamatan di dunia dan di akhirat,” pungkasnya. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button