Jawa Tengah

SMK Muhammadiyah Adiwerna Satu-Satunya Peserta Dari Sekolah Kejuruan Se-Indonesia Diajang Action 2020

BeritaNasional.ID, Tegal – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia menyelenggarakan Action 2020 yang merupakan ajang pemilihan para animator komikus dan industri perfilman. Acara yang bertempat di Hotel Grand Tjokro Bandung, Jawa Barat, berlangsung selama sepekan, (20-27/10/2020).

SMK Muhammadiyah Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, menjadi satu-satunya peserta yang mewakili sekolah menengah kejuruan (SMK) se-Indonesia dalam ajang tersebut.

Para peserta yang berjumlah 20 tim dan masing-masing tim mengirimkan 2 peserta dari industri kreatif, komikus dan perfilman, diharuskan membawa satu proyek animasi yang akan dikembangkan.

Acara Action 2020 diawali dengan penyeleksian proyek yang dikirim oleh ratusan peserta yang mendaftar hingga akhirnya hanya terpilih 40 peserta (20 tim) yang dapat mengikuti acara Action 2020 di Bandung. SMK Muhammadiyah Adiwerna terpilih untuk mengikuti Action 2020 karena peserta lainnya lebih banyak dari Industri Studio.

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma mengatakan bahwa acara ini sangat menarik dan harus dikembangkan. “Acara seperti ini akan menjadikan animator-animator Indonesia mempunyai rasa semangat dan bisa berkembang sehingga mampu bersaing dengan animator dari luar negeri”, jelasnya.

Selain itu, menurut Yuana industri kreatif di Indonesia akan semakin banyak dan berperan untuk menjadi wadah animator-animator di Indonesia.

Yuana Rochma juga menantang setiap peserta setelah acara Action 2020 selesai agar bisa membuat 20 proyek animasi yang akan dipromosikan ke Hongkong pada bulan Maret 2021.

Sementara peserta dari SMK Muhammadiyah Adiwerna, M. Mikyal Wafi berpendapat bahwa Animasi yang ada di Indonesia sudah banyak akan tetapi wadah yang disediakan masih belum cukup untuk menampung animator yang ada.

Sepulang dari acara Action 2020, Mikyal Wafi berniat akan lebih mengembangkan animasi di Tegal, sehingga dapat memberikan dampak kemajuan dibidang animasi dan SMK Muhammadiyah Adiwerna semakin dikenal, unggul serta mendunia.*

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close