Jawa Tengah

Sosialisasi 4 M, Tim Gabungan Mengunjungi Beberapa Pasar di Kota Tegal

Hadirkan Tokoh Punakawan Untuk Menarik Perhatian Masyarakat

BeritaNasional.ID, Tegal – Tim Gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan Pemerintah Kota Tegal melaksanakan sosialisasi 4M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan) ke sejumlah pasar yang ada di kota Tegal. Sosialisasi ini menghadirkan tokoh punakawan, Jum’at (28/8/2020).

Sosialisasi pertama kali mengunjungi Pasar Pagi Kota Tegal, dengan membagi-bagikan masker kepada masyarakat yang ditemui tidak menggunakan masker, serta memberikan pemahaman pentingnya 4M dan tata cara memakai masker yang benar. Turut hadir Dandim 0712/Tegal, Kapolres Tegal Kota serta Danlanal Tegal.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari mengatakan sosialisasi 4M Protokol kesehatan ini harus dipatuhi masyarakat. “Sosialisasi yang dilaksanakan merupakan implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 yaitu untuk lebih mendisiplinkan dalam rangka adaptasi kebiasaan baru dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat”, ujar AKBP Rita.

Kehadiran punakawan dan juga ikon Bhabinkamtibmas Candi untuk menarik perhatian masyarakat, sekaligus tokoh-tokoh tersebut yang notabene kerap tampil dalam pertunjukan tanpa menggunakan masker, untuk saat ini selama masih pandemic covid-19 memakai masker dengan baik dan benar. Ditegaskan AKBP Rita, bahwa nantinya setelah sosialisasi ini, akan ada sanksi tegas bagi masyarakat yang melanggar.

Sementara Komandan Kodim 0712 Tegal, Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar mengatakan sanksi yang diberikan sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 memang ada tahapannya, dari mulai sanksi pembinaan hingga sanksi administrasi. “Kami dari Kodim bersama Polri dan Pemerintah Kota Tegal akan terus mensosialisasikan 4M Protokol Kesehatan”, ungkap Dandim.

Ditambahkan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tegal Letkol Marinis Ridwan Aziz, selain sosialisasi dengan terjun langsung ke masyarakat, pihaknya juga telah memasang spanduk, banner himbauan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pihaknya meminta kepada masyarakat, agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan secara ketat. “Jadi semuanya tetap bisa berjalan normal seperti biasa, tetap bekerja, tetap beraktifitas namun dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu 4M, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan”, pungkas Danlanal.*

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close