DaerahJawa TimurPolitikSitubondo

Sosialisasi, Anggota Komisi VI DPR RI Ajak Pelaku UMKM Situbondo Produknya SNI

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Badan Standarisasi Nasional (BSN) bekerjasama dengan Anggota Komisi VI DPR RI, HM Nasim Khan dan Nasim Khan Indonesia (NKI) menggelar Sosialisasi Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian Tingkat Daya Saing Produk UMKM dengan SNI, Jum’at (29/03/2024).

Sosialisasi yang berlangsung di Gedung PGRI Situbondo, Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo ini, dihadiri 400 masyarakat UMKM yang datang dari wilayah barat, tengah dan timur Kabupaten Situbondo. Bukan hanya itu saja yang hadir dalam sosialisasi ini, namun Direktur Nasim Khan Indonesia, Aurangzeb dan tamu undangan lainnya.

Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), HM Nasim Khan mengatakan, Sosialisasi Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian Tingkat Daya Saing Produk UMKM dengan SNI tersebut, sangat penting dilakukan oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Situbondo.

Lebih lanjut, Nasim Khan mengatakan, bahwa UMKM di Indonesia termasuk di Kabupaten Situbondo sudah sangat luar biasa. “Semoga saya bisa berbuat banyak dalam Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian Tingkat Daya Saing Produk UMKM dengan SNI,” ujarnya.

Menurut Anggota DPR RI Dapil III Jatim yang terpilih kembali ini, tonggak perekonomian terbesar di Indonesia yakni UMKM. “Kontribusi para pelaku UMKM di Indonesia sangat besar jika dibandingkan dengan negara-negara lain,” jelasnya.

Standar Nasional Indonesia (SNI), kata Nasim Khan, merupakan syarat minimal dalam sebuah produk termasuk UMKM. “Standarisasi UMKM penting. Salah satu keunggulan standarisasi UMKM yaitu bisa memberikan kemudahan dalam pengembangan usaha, seperti melalui waralaba dan lisensi memberikan jaminan kepada konsumen bahwa kualitas produk memang sesuai dengan apa yang dijanjikan sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen,” tuturnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Nasim Khan, namun dia mengajak lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif untuk bersinergitas dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten dalam membangun perekonomian pelaku UMKM dan bidang-bidang pembangunan lainnya. Dengan demikian, maka beban pekerjaan yang mereka emban masing-masing akan terasa ringan kalau mau bersinergitas.

“Mari kita berkolaborasi dan bersinergi bersama khususnya dalam meningkatkan perekonomian pelaku UMKM maupun bidang-bidang pembangunan lainnya. Tanpa sinergitas, kita tidak bisa bangkit khususnya di bidang ekonomi. Apabila para pejabat eksekutif, legislatif dan yudikatif tidak mau atau tidak mampu bersinergitas, silahkan mundur dari jabatannya,” tagas HM Nasim Khan. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button