Daerah

Sosialisasi Bank Sampah Malang Asri

BeritaNasional. ID, Magetan – Pengelolaan sampah rumah tangga melalui sistem bank sampah perlu terus disosialisasikan dan digalakkan di tengah masyarakat untuk mengatasi masalah sampah rumah tangga yang sering terabaikan selama ini.

Bank Sampah Malang Asri bersama Karang Taruna Krida Muda Kencana Desa Malang, Kecamatan Maospati menggandeng Forum 3R Magetan menggelar acara sosialisasi pengelolaan sampah skala rumah tangga. Minggu (9/8/2020).

Antik Purwantini, Bendahara Forum 3R Magetan mengatakan, sampah merupakan masalah lingkungan yang utama di Indonesia. Meski demikian, bila pengelolaan sampah dilakukan dengan cara yang benar, sampah bukan lagi masalah tapi menjadi berkah buat masyarakat. “Sampah bisa merupakan sumber perekonomian masyarakat,” katanya.

“Penerapan sistem Bank Sampah sebagai upaya untuk membenahi dan memperbaiki sistem pengelolaan sampah yang dilakukan warga. Pendirian Bank Sampah diawali dengan pertemuan warga dan ditindaklanjuti dengan sosialisasi pengelolaan sampah melalui penerapan bank sampah di bawah binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magetan.” Jelasnya.

Sementara itu Sunaryo, salah satu Anggota Karang Taruna Desa Malang sekaligus pengurus Bank Sampah Malang Asri mengatakan, “sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya dan manfaat sampah, membantu program pemerintah menanggulangi masalah sampah, dan menjadikan sampah yang tidak bermanfaat menjadi berkah.”Ucapnya.

“Bank Sampah Malang Asri mengajarkan masyarakat yang menjadi nasabahnya untuk memilah sampah yang ada di rumah masing-masing, menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah anorganik ditabung ke bank sampah. Oleh bank sampah dicatat dan dimasukan ke rekening masing-masing nasabah.” Terangnya.

“Kedepan setiap minggu pengurus Bank Sampah Malang Asri mengumpulkan sampah dengan cara menjemput bola, artinya mendatangi rumah nasabah secara door to door.” kata Sunaryo sambil mengajak seluruh masyarakat Desa Malang untuk menjadi nasabah Bank Sampah Malang Asri untuk menanggulangi masalah sampah di masyarakat.

Karena dalam masa pandemik Covid-19, Acara sosialisasi sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga ini digelar bertahap tiap RT dengan menerapkan protokol kesehatan. (Aryo/Is)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close