DaerahSumateraSUMUT

SPS Sumut dan PWI Sumut Gelar UKW Angkatan 55-56 di Hotel Swiss-Belinn Medan

BeritaNasional.ID, Medan – Serikat Perusahaan Pers (SPS) Provinsi Sumatera Utara, bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara, menggelar kegiatan Uji Kompetansi Wartawan (UKW) angkatan 55-56 tahun 2022, Senin (26/12/2022). Kegiatan dimulai dengan Pra UKW, selanjut masuk ke materi UKW selama 2 hari di Hotel Swiss-Belinn Medan, Jalan Gajah Mada No.49, Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumut.

Informasi diragkum awak media ini, UKW diikuti sebanyak 48 perserta, diantaranya UKW jenjang Muda 36 peserta, dan 12 orang peserta jenjang Madya. Workshop Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bertemakan “Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalitas Guna Mewujudkan Wartawan yang Berakhlak dan Bermartabat”.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, melalui Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara (Kominfo Sumut), Ilyas Sitorus, intinya mengatakan, pihak Pemerintah Provinsi Sumut, mendukung kegiatan ini.

“Jadikanlah wartawan yang profesional dan bertanggung jawab sesuai UU Pers No.40 Tahun 1999 dan peraturan Dewan Pers,” sebutnya

Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik, S.E, dalam kata sambutanya mengatakan, semua peserta yang ikut UKW ini harus banyak belajar, baik itu tentang UU Pers No.40 Tahun 1999, dan terkait pedoman penberitaan ramah anak.

Kemudian tanyakan sama mentornya di Pra UKW ini, Bapak-ibu harus bertanya, jangan tidak bertanya, karena di Pra UKW ini, bapak-ibu bisa lulus UKW nantinya, karena di Pra UKW ini bisa menambah wawasan dan pemahaman.

Bapak-ibu bersukur kali ini ada Pra UKW nya, bagaimana yang dulu-dulu tidak ada UKW nya, merekapun banyak yang lulus juga. Nah saat ini ada Pra UKW, makanya bapak ibu harus rajin bertanya.

“Saya berharap semua peserta yang ikut UKW ini lulus semuanya. Makanya tanyakan sama “Mentor” jangan sungkan bertanya, kalau tidak tau, tanyakan,” sebut Farianda, sembari mengatakan, pihaknya tidak bisa menjamin atau merokomendasi kelulusan para peserta UKW, namun itu semua tergantung dengan kemampuan bapak ibu, bebernya.

Sebelumnya, Ketua SPS Sumut H Farianda Putra Sinik, S.E, melalui Sekertaris SPS Sumut, Rianto Aghly, S.H, mengatakan, seluruh kegiatan ini didukung dari SPS bersama PWI. Kami ini hanya pendukung dikegiatan.

Hari ini ada berbagai macam awak media dari berbagai daerah yang mengukuti. Ada wartawanya berasal dari Somosir, Tapsel, Nias dan daerah lainnya.

Terdapat 48 orang peserta yang mengikuti UKW hari ini, baik jenjang Muda dan Madya. Disini ada 12 peningkatan wartawan UKW dari jenjang Muda ke Madya. Untuk UKW Muda sebanyak 36 peserta.

Pra UKW yang kita laksanakan ini, yakni, dari SPS Sumut dan PWI Sumut. Ini sudah berjalan sebanyak 3 kali. Mudah-mudahan Pra UKW ini bisa menambah wawasan dan pemahaman, sehingga UKW yang bapak ibu ikuti ini bisa lulus semua, ucapnya. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button