DaerahJawa TimurPendidikanSitubondo

STTAL Kolaborasi Dengan Kodim 0823 dan Polres Situbondo, Siap Wujudkan SMAN 1 Situbondo Jadi Project Pilot P5

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya bersama Kodim 0823 dan Polres Situbondo serta SMAN 1 Situbondo melaksanakan rapat kordinasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka dan siap menjadikan SMAN 1 Situbondo sebagai Project Pilot Rekayasa Teknologi Untuk Membangun NKRI, Rabu (26/7/2023).

Rakor yang berlangsung di ruang rapat kepala SMAN 1 Situbondo ini dihadiri Kapokdos Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Kolonel Laut (P) R. Bambang Ispri B., S.T., M.Si, didampingi Letkol Laut (T) Dr. Wawan Kusdiana, S.T, M.T dan KBO Binmas Polres Situbondo Ipda Lis Qurrahman serta Marta Mila Sughesti, S.Pd., S.S., M.Pd. Kepala SMAN 1 Situbondo.

Keterangan yang disampaikan Komandan Sekolah Tinggi Tekbologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Mukhlis, S.T., M.M., CHRMP., CACA., CTMP mengatakan, Program kegiatan Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan program kerjasama antara Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut dengan SMAN 1 Situbondo. “Tujuan Program kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar SMAN 1 Situbondo dengan dukungan dan bimbingan dari Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut,” jelas Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Dr. Mukhlis, S.T., M.M., CHRMP., CACA., CTMP

Adapun, sambung Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Dr. Mukhlis, S.T., M.M., CHRMP., CACA., CTMP., output dari kegiatan ini, yaitu Siswa SMAN I Situbondo mampu mempraktikkan secara mandiri nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia serta etika dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. “Dengan adanya kegiatan ini, semoga siswa-siswi SMAN 1 Situbondo mampu mengaplikasikan secara konkrit nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia serta etika dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tuturnya.

Sementara itu, KBO Binmas Polres Situbondo Ipda Lis Qurrahman mengatakan, kolaborasi membangun karakter para pelajar melalui Kurikulum Merdeka P5 ini yang dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) di SMAN 1 Situbondo merupakan langkah yang tepat untuk mengajak para pelajar mengamalkan butir-butir Pancasila di tengah-tengah kehidupan yang serba canggih di jaman modern ini.

“Kami siap mendukung kegiatan yang dilaksanakan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) di SMAN 1 Situbondo ini. Karena dengan adanya kegiatan ini menset para pelajar kita akan bisa berubah. Kami juga bersyukur bisa dilibatkan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut dalam program kegiatan P5 di SMAN 1 Situbondo,” kata KBO Binmas Polres Situbondo Ipda Lisqurrahman.

Dilain pihak, Marta Mila Sughesti, S.Pd., S.S., M.Pd. Kepala SMAN 1 Situbondo mengatakan, kegiatan P5 di SMAN 1 Situbondo sebagai sekolah binaan STTAL akan berkolaborasi dengan Polres, Kodim dan kejaksaan Situbondo dengan mengambil tema Bhineka Tungkal Ika, Bangun Jiwa dan Raganya serta Rekayasa Teknologi untuk Membangun NKRI ini, merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan di SMAN 1 Situbondo.

“Untuk melaksanakan program ini  kami tidak bisa melakukannya sendiri, kami harus bekerjasama dengan seluruh pemangku kebijakan dan ahlinya. Untuk itu, kami SMAN 1 Situbondo selaku sekolah binaan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut berkolaborasi dengan Kodim 0823, Polres Situbondo  dan Kejaksaan Negeri Situbondo dalam merealisasikannya di SMAN 1 Situbondo,” ujar Marta Mila Sughesti.

Marta Mila Sughesti berharap, semoga kegiatan P5 yang menggandeng 3 matra dan kejaksaan di SMAN 1 Situbondo ini, dapat meningkatkan wasasan siswa-siswi tentang nilai-nilai luhur Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia serta etika dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara mandiri. “Dengan adanya kegiatan P5 dengan tema ini, maka diharapkan siswa siswi SMAN 1 Situbondo semakin mengenal lebih dekat 3 matra di Indonesia yakni AL, AD dan Kepolisian,” harap Kepala SMAN 1 Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan Marta Mila Sughesti, namun dia juga mengatakan bahwa dengan mengenal 3 matra tersebut, maka dapat menumbuhkan kecintaan siswa siswi SMAN 1 Situbondo kepada TNI dan NKRI serta lebih memahami nilai-nilai luhur Pancasila. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button