BondowosoDaerahJawa TimurMenuju Pemilu 2024

Sukseskan Ketahanan Pangan, Bacabup Bantu Pupuk Gratis Pada Petani Bondowoso

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Untuk menyukseskan program nasiona, yaitul Ketahanan Pangan dan membantu mengatasi kelangkaan pupuk, Bakal Calon Bupati (Bacabup) H. Fauzi Cahyo Purnomo, S.Sos memberikan bantuan pupuk gratis pada warga Bondowoso.

“Pembagian pupuk gratis di Desa Sumber Kalong Kecamatan Womosari ini sudah putaran yang ke-11. Ada 100 petani yang mendapatkan jatah gratis ini. Masing-masing dapat 1 sak atau ½ kwintal,” kata Fauzi, sapaannya, Jum’at 16/6 2023.

Pengusaha yang juga sebagai Kades Balet Baru Kecamatan Sukowono Jember ini menambahkan, masing-masing kecamatan disiapkan 5 ton pupuk gratis. Di Bondowoso ada 23 Kecamatan.

Ditambahkan, untuk bisa mendapatkan pupuk gratis atau bantuan lain, masyarakat bisa melaporkan ke Koordinator Desa (Kordes). Kemudian direkap oleh Koordinator Kecamatan (Korcam).

Berdasarkan laporan dari Korcam tersebut Tim Pos Komando (Posko) di Desa Cindogo Kecamatan Tapen akan melakukan survey sebelum bantuan diberikan. Kordes tersebar di seluruh Desa dan Kelurahan.

“Kami menyediakan pupuk gratis sebanyak 60 ton. Hampir tiga kali lipat kebutuhan petani sesuai RDKK (Rencana Definitip Kebutuhan Kelompok). Dalam RDKK, kebutuhan petani terhadap pupuk 23 ton,” kata Fauzi, sapaannya.

Kesuksesan Ketahan Pangan, lanjutnya, tergantung kesuksesan petani. Kalau petani sukses, maka Ketahanan Pangan akan terjamin. Tetapi kalau terjadi sebaliknya, Indonesia akan kacau, karena Ketahanan Pangan kacau.

Ditambahkan, salah satu cara agar petani sukses, maka kebutuhan pupuk harus terpenuhi. Itulah yang melatari kami memberikan pupuk secara gratis kepada petani di seluruh Bondowoso.

Apalagi, 70% warga Bondowoso bertani. Artinya, hampir seluruh warga Bondowoso, mata pencahariannya dari sektor pertanian. Sudah merupakan kewajiban kita, memperhatikan nasib petani.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button