Headline

Sumitro Lopuo Minta Petani Desa Sogitia Tingkatkan Produksi Cabe

 

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Kepala Desa Sogitia Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango minta petani cabe Desa Sogitia genjot produksinya. Untuk memenuhi kebutuhan pasar dan peningkatan pendapatan petani.

Hal ini di sampaikan Sumitro pasca pelaksanaan kegiatan Bimbingan Tehnik Peningkatan Kapasitas Masyarakat Petani Desa Sogitia yang di laksanakan selama 3 hari dari tanggal 20 – 22 Juni 2022.

“Saya berharap dengan adanya Bimtek ini para petani cabe Desa Sogitia bisa memiliki pengetahuan tentang tata cara budidaya cabe yang benar.  Dan dengan pengetahuan itu mereka dapat meningkatkan produksi cabe,”ujar Sumitro yang juga Owner Madu Suwawa ini.

Diketahui bahwa Bimbingan Tehnik Peningkatan Kapasitas Masyarakat Petani ini di laksanakan oleh Pemerintah Desa Sogitia dengan menggunakan anggaran Dana Desa tahun 2022.

Sebagai pemateri dalam Bimbingan Tehnik ini menghadirkan beberapa tenaga penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten Bone Bolango dan Kantor BPP Bone.

Adapun materi pelatihan yang di berikan yakni Kelembagaan Kelompok Tani dan Deskripsi Tanaman Cabe yang di sampaikan oleh Deliana Olii. Sementara untuk materi Analisa Usaha Tani Tanaman Cabe disampaikan oleh Lukman Khairun.
Tehnik Persemaian dan Penanaman Serta Pengenalan Pupuk dan Pemupukan menjadi materi yang disampaikan oleh Bustamin Pakaya. Dan sebagai penutup materi Pengenalan OPT dan Cara Pengendalian Hama dan Penyakit pada Tanaman Cabe menjadi materi terakhir yang di sampaikan oleh Ibrahim Adam.

Dalam Bimbingan Teknis ini para peserta selain mendapatkan materi juga di berikan baju seragam dan sertifikat. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button