Jawa Timur

Tak Pernah Libur Kontrol Malam,Ka.KP Rutan Kraksaan Pastikan Anggotanya selalu Siap dan Kondisi Rutan Dalam Keadaan Aman

Beritanasional.id-Probolinggo,

Sistem keamanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan), dan Cabang Rutan pada dasarnya merupakan suatu kegiatan untuk mewujudkan kehidupan dan penghidupan yang teratur, aman, dan tentram. Terciptanya keamanan dan ketertiban di Lapas dan Rutan merupakan syarat utama terselenggaranya pelaksanaan Sistem Pemasyarakatan.

Secara definitif, penjagaan merupakan salah satu bentuk kegiatan pengamanan terhadap orang dan fasilitas guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban. Dalam pelaksanaannya, penjagaan pada Lapas dan Rutan dilakukan oleh regu pengamanan yang bertugas.

Rasio perbandingan jumlah anggota regu pengaman dengan warga binaan yang harus dijaga memang menjadi masalah yang belum teratasi hingga kini. Di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kraksaan Kanwil Kemenkumham Jatim, satu Regu Pengaman berjumlah 5 anggota yang harus menjaga Warga Binaan sebanyak 354 orang (data tanggal 16 Maret 2022).

Hal ini membuat Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas II B Kraksaan,Zainol Hasan harus membuat langkah-langkah strategis agar Sistem Pemasyarakatan dapat tercapai. Malam ini (Rabu,16 Maret 2022) Ka.KP Rutan Kraksaan melaksanakan kontrol rutin dengan didampingi Sat Ops Patnal dan Kepala Regu Pengaman.

Zainol Hasan mengungkapkan bahwa hal ini penting untuk dilakukan selain untuk mengecek kesiapan anggota regu pengaman,kegiatan ini juga untuk memastikan bahwa kondisi rutan memang dalam keadaan aman.

“Hampir setiap malam saya selalu ada dirutan,hal ini saya lakukan untuk memastikan anggota saya dalam keadaan siap jika sewaktu-waktu terjadi gangguan kamtib dan yang terpenting kondisi rutan dalam keadaan aman”,terang Zainol Hasan saat ditemui tim humas Rutan Kraksaan.

***onoy

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button