Sampang Madura

Tak Terima Atas Pernyataan Direktur,Warga Akan Datangi RSMZ Sampang

BeritaNasional.ID.SAMPANG MADURA JATIM – Beberapa warga terdampak asap mesin Incinerator Pembakaran Limbah Medis yang berada di sekitar jalan Imam Ghazali GG III berencana akan mendatangi dr. Rumah Sakit Mohammad Zyn Sampang.

Warga dan sejumlah LSM karena tersinggung atas pernyataan dari dr. Agus Akhmadi selaku Direktur RSMZ Sampang di beberapa media online saat menanggapi hasil pemanggilan Dinkes dan KB.

Keinginan Warga dan massa LSM itu terkuak dalam pertemuan di Kantor LSM Garda Kawal Sampang (GKS) Perumahan Barisan Indah Blok U, Minggu (25/6/2023).

Empat Lembaga yang mendampingi beberapa Warga terdampak pada pertemuan tersebut dari LSM GKS, SP2M, Laskar Merah Putih (LMP) serta Forum Masyarakat Peduli Kesehatan (FMPK) Sampang.

Chairil Saleh mewakili SP2M menilai sikap yang disampaikan oleh Direktur RSMZ itu merupakan bentuk arogansi.

“Baru nampak karakter sesungguhnya,” ungkap Chairil Saleh dalam pertemuan itu.

Selain itu jika ukuran “Profesionalisme” hanya diukur dengan ketaatan dan mematuhi prosedur ,maka masih terbilang dangkal pemahamannya.

Selain itu, ketaatan dan kepatuhan terhadap prosedur juga output serta hasil dari proses yang dilakukan dan cara menyikapi permasalahan yang ada dengan bijak ini juga menjadi ukuran penilaian Profesionalitas.

” Saya tegaskan akan ikut mengawal bersama elemen masyarakat lainnya serta Warga terdampak untuk melawan kesewenang wenangan tersebut, tegasnya.

H Moh Tohir Ketua LSM Laskar Merah Putih (LMP) mengecam statemen dari Direktur RSMZ terkait keluhan Warga terdampak asap Pembakaran Limbah Incinerator.

“ Saya saksinya dan yang mencium bau menyengat asap Pembakaran Limbah saat berada di rumah Warga terdampak,” ujar H Moh Tohir dengan nada semangat.

Masih menurut H Moh Tohir, jika perlu saat ngeluruk ke RSMZ sejumlah Aktivis LSM dan Warga yang merasakan langsung bau menyengat itu akan melakukan “Sumpah Masal” didepan Direktur RSMZ.

“ Apa Kontribusi selama ini RSMZ kepada Warga sekitar, kok malah mau membiarkan lingkungan tidak nyaman pada Warga,” imbuh H Moh Tohir.

Jazuli Warga jalan Imam Ghazali gg III mengaku sakit hati dengan pernyataan dari Direktur RSMZ yang mengagung agung kan Profesionalitas serta merasa telah mentaati prosedur dan Peraturan.

“ Profesional apa, ngurus Limbah saja tidak becus kok,” ucapnya dengan nada geram.

Ia mengaku ungkapan itu sebagai bentuk kekecewaan atas ketidaksesuaian Direktur RSMZ Sampang.

Dikatakannya ,waktu itu keluhan yang disampaikan sebelumnya memang kondisi mesin Incinerator sedang rusak dan saat itu Direktur RSMZ menurunkan Tim Kesling mendatangi Ketua RT 02/ RW 01 Kelurahan Gunung Sekar.

“ Ketua RT mengamini keluhan Warga bahkan dijelaskan dampak asap itu tidak hanya menimbulkan bau tidak sedap tetapi ada sisa asap menempel di perabotan,” imbuh Jazuli.

Masih menurut Jazuli, pertanyaannya kok sekarang Direktur RSMZ mengelak dan banyak dalih yang dilontarkan termasuk mengagung agungkan Profesionalitas.

Ia mengancam selain akan bersumpah masal juga menuntut dr. Agus Akhmadi “MUNDUR” dari jabatannya saat ngeluruk ke RSMZ nanti.(Zahrudin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button