ACEH

Tanggulangi Bencana Kabut Asap, Plt Gubernur Keluarkan Instruksi

Beritanasional.Id, Banda Aceh – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengintruksikan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) untuk membagikan masker kepada masyarakat sebagai pelindung pernafasan dari pencemaran udara akibat asap. Hal ini disampaikan Juru Bicara Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani melalui pesan elektronik  yang diterima media ini, Selasa (24/9/19)

Lebih lanjut tulis saiful, kabut asap yang tampak makin tinggi konsentrasinya  di udara Kota Banda Aceh dan di sejumlah kabupaten/kota dapat mengancam saluran pernafasan masyarakat. Pencemaran asap di udara, katanya,  merupakan faktor risiko penyakit iriasi dan acaman bagi saluran pernafasan.  Gejalanya mulai peradangan alat pernafasan, batuk-batuk, dan bahkan sesak nafas, jelasnya. 

“Plt Gubernur Aceh melihat fenomena asap yang pekat di udara sebagai acaman bagi kesehatan, karena itu langsung mengintruksikan pembagian masker kepada masyarakat,” Tulisnya.

Kecuali itu, sambung SAG panggilan Akrab buat Jubir pemerintah Aceh ini, Pemerintah Aceh juga mengingatkan masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar ruamah dan menggalakkan hidup bersih dan sehat.

Kepada maayarakat Aceh juga diingatkan untuk selalu membawa kartu BPJS, guna mempermudah penanganan media sewaktu waktu jika diperlukan.

“Sebaiknya Kartu BPJS Kesehatan selalu dibawa dalam situasi darurat asap saat ini,” imbuhnya. (Alan)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close