Bencana alamDaerahJawa TimurRagamSitubondo

Terdampak Banjir, 63 Hektar Lahan Pertanian Masyarakat di Situbondo Terancam Gagal Panen

BeritaNasiona.d – SITUBONDO JAWA TIMUR – Danramil 0823/16 Sumbermalang Letda Inf Agus Riyadi bersama Forkopimcam Kecamatan Sumbermalang meninjau lahan pertanian yang terdampak luapan banjir Sungai Dluwang di Desa Sumberargo, Tamansari dan Kalirejo Kecanatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo. Ada sekitar 63 hektar lahan pertanian masyarakat terendam banjir dan terancam gagal panen, Rabu (16-03-2022).

Banjir luapan air Sungai Dluwang yang terjadi tadi malam Selasa (15/3/2022) sekitar pukul 19.30 WIB tersebut tidak membawa korban jiwa, hanya lahan pertanian milik masyarakat terendam. “Pengecekan pasca banjir Sungai Dluwang ini, dikakukan oleh unsur Muspincam Kecamatan Sumbermalang, Kepala Desa Sumberargo, Kades Tamansari dan Kades Kalirejo serta personel Tagana wilayah Kecamatan Sumbermalang.”, jelas Ws. Danramil 0823/16 Sumbermalang Letda Inf Agus Riyadi.

Lebih lanjut, Ws. Danramil 0823/16 Sumbermalang Letda Inf Agus mengatakan bahwa, di wilayah Kecamatan Sumbermalang khususnya Desa Sumberargo, Tamansari dan Kalirejo kondisi cuaca berawan tidak ada hujan saat terjadi luap banjir Sungai Dluwang. “Sekitar pada pukul 19.30 di aliran sungai Dluwang yang melintasi Desa Sumberargo, Tamansari dan Kalirejo terjadi banjir bandang secara tiba-tiba. Padahal, di wilayah Kecamatan Jatibanteng tidak hujan,” jelas Letda Inf Agus.

Hari ini, sambung Letda Inf Agus, aliran sungai Dluwang yang terjadi banjir bandang tadi malam sudah mengalir normal. “Kami bersama Forkopimka dan perangkat desa serta Tim Tagana Wilayah Kec. Sumbermalang meninjau lokasi aliran sungai Dluwang untuk memastikan permukiman penduduk aman,” tuturnya.

Lebih lanjut, Letda Agus menjelaskan, kerugian yang ditimbulkan akibat banjir bandang tersebut, sekitar 63 hektar lahan pertanian milik warga rusak berat dan terancam gagal panel. “Jembatan alternatif semi permanen yang terbuat dari bambu yang menghubungkan Dusun Gunung arak-arak Kabupaten Bondowoso dan Desa Sumberargo Kabupaten Situbondo mengalami rusak berat,” jelasnya.

Atas terjadinya banjir tadi malam, imbuh Letda Inf Agus, pihaknya menghimbau ke warga Desa Sumberargo, Tamansari dan Kalirejo untuk selalu barhati-hati dan waspada karena cuaca tidak menentu “Jika terjadi cuaca ektrem, silahkan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti koramil dan polsek setempat untuk meminta bantuan pengamanan,” pungkas Letda Inf Agus. (***)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button