Daerah

Terdampak Banjir, KPU Banyuwangi Pindahkan TPS Pilkada Jatim Di Alasmalang

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, sebagai penyelenggara Pemilihan Jepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim), mendatangi lokasi bencana banjir di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Selasa (26/6/18). Demi suksesnya Pilkada, KPU melakukan kroscek di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) setempat.

Komisioner KPU Banyuwangi, Suherman menjelaskan, ada beberapa TPS yang terdampak banjir Alasmalang. Diantaranya TPS 4 yang berada di Dusun Karangasem, TPS 6 di Dusun Bangunrejo, dan TPS 7 di Dusun Garit yang lokasinya 100 meter dari titik banjir. “Kondisinya disini tidak bisa lagi didirikan TPS, karena ada tumpukan material akibat banjir,” ungkap Suherman kepada awak media.

Sesuai data yang berhasil terhimpun, setidaknya ada 3 titik yang terdampak banjir bandang dan tidak bisa didirikan TPS. Adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dilokasi tersebut berjumlah 1623 orang. Jumlah DPT di TPS 4 di Dusun Karangasem sebanyak 455 warga, TPS 6 di Dusun Bangunrejo sebanyak 545 warga, dan TPS 7 di Dusun Garit berjumlah 623 orang.

“Lokasi TPS yang terdampak banjir bandang akan digeser atau dipindah ke tempat yang dianggap lebih aman. Kita juga instruksikan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk mendistribusikan surat pemberitahuan waktu dan tempat (Formulir C6) kesemua warga. Juga untuk penggunaan surat suara cadangan dalam pemungutan suara di TPS (Formulir C5) sudah disiapkan, barangkali ada warga akan memindah hak suaranya ke TPS lain,” papar Suherman.

Sementara itu, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Alasmalang, Sidqi Sarifudin mengatakan, TPS yang terdampak banjir secepatnya akan dipindahkan ke tempat yang lebih aman. “Malam ini juga akan diselesaikan, namun TPS yang tidak terdampak sudah selesai dan siap digunakan pada Rabu, 27 Juni 2018 besuk,” pungkasnya. (red)

Caption : Komisioner KPU Suherman saat meninjau lokasi TPS yang terdampak banjir Alasmalang

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close