Daerah

Terkait Pemberhentian Kerabat Desa, Perangkat Desa Curah Jeru Wadul Dewan

image_pdf

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Penyalahgunaan wewenang oknum Kepala Desa (Kades) Curah Jeru, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, tentang penonaktifan secara lisan terhadap seluruh perangkat desa membuat keresahan. Akhinya 10 perangkat Desa Curah Jeru wadul ke Komisi l DPRD Situbondo, Jum’at (17/1/20).

Informasi yang berhasil dihimpun oleh media ini menjelaskan, pada tanggal 4 Januari 2020, kades menyampaikan bahwa semua perangkat Desa Curah Jeru akan dinonaktifkan sampai mendapat kabar pengaktifan kembali dengan alasan kades yang baru dilantik tersebut didesak oleh tim suksesnya dan merasa tidak cocok dengan perangkat desa yang ada.

Untuk itu, Kades Curah Jeru pada tanggal 4 Januari menyodorkan surat pernyataan yang isinya agar perangkat desa lama mengundurkan diri dari jabatannya. Sehingga dengan terpaksa 5 perangkat desa menandatangani surat pernyataan tersebut.

Sementara itu, Kepala dusun (Kadus) Tengah, Desa Curah Jeru, Kecamatan Panji, Situbondo, Ahmad busairi saat ditemui beberapa awak media online di kantor dewan mengatakan sangat keberatan dengan tindakan kades yang baru dilantik tersebut.

“Kami mendatangi kantor dewan ingin mengadu terkait pemberhentian perangkat desa sepihak yang telah dilakukan oleh Kades Curah Jeru. Kami akan minta kejelasan tentang penonaktifan yang telah merugikan para perangkat, karena mereka sudah bertahun tahun menjadi perangkat desa,” lontar Ahmad Busairi.

Dilain pihak, Ketua Komisi 1 DPRD Situbondo, H. Faisol, kepada beberapa perangkat desa yang ditemui di ruang pertemuan kantor dewan Situbondo mengatakan, kasus ini bukan hanya di Desa Curah Jeru, tetapi kasus tersebut sudah melebar di kabupaten dan pihaknya sudah menindaklanjuti permasalahan ini kepada Bupati Situbondo.

“Kami sudah menindaklanjuti permasalahan terkait penonaktifan perangkat Desa Curah Jeru ini kepada Bupati Dadang. Berkat koordinasi yang panjang dengan Bupati Dadang akhirnya mensepakati dan mengambil keputusan bersama untuk mengirim surat edaran per hari Senin yang akan datang bagi kepala desa se Kabupaten Situbondo melalui DPMD untuk tidak melakukan apapun. Jangankan pemberhentian, pemutasian saja tidak boleh dilakukan selama satu tahun,” kata Ketua Komisi l DPRD Situbondo.

Untuk itu, perangkat Desa Curah Jeru yang lama Faisol, menyarankan agar masuk kantor seperti biasanya dan akan dikawal serta dipantau oleh aparat Polsek Panji demi kondusivitas serta kelancaran pelayanan kepada masyarakat. (Sony) 

Caption : Saat perangkat Desa Curah Jeru wadul di Ketua Komisi I DPRD Situbondo

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close