DaerahHukum & KriminalJawa TimurRagam

Terkait Statemen di Media, Kuasa Hukum Wabup Bondowoso Laporkan Mantan Kepala Disperta ke Polisi

BeritaNasional.id – Bondowoso Jawa Timur, Tampaknya kasus traktor bukan hanya disidik dan dilidik oleh Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri, tapi juga oleh Polres Bondowoso melakukan penyelidikan atas laporan yang di sampaikan Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bahtiar Rahmat melalui pengacara Haryono SH, Selasa (7/3/2023).

Haryono SH, pengacara Wabup Bondowoso membenarkan laporan tersebut. Pihaknya telah melaporkan mantan Kepala Dinas Pertanian, H. Munandar, SP, MM kepada Polisi terkait dengan statementnya di media online yang menuding Wabup Bondowoso, Ketua DPRD Bondowoso dan Sinung ikut ‘bermain’ pada bantuan traktor tahun 2017/2018. Munandar dilaporkan pencemaran nama baik melalui Informasi dan Transaksi Elektornik (ITE).

“Sebelum melaporkan, Wabup telah mensomasi H. Muna agar menarik pernyataannya di media online yang menuduh Wabup, Ketua DPRD Bondowoso dan Sinung, ikut ‘bermain’ pada bantauan traktor untuk kelompok tani. Karena tidak menindahan somasi yang disampaikan Wabup Bondowoso dan seakan-akan Muna lepas tanggungjawab atas kasus traktor tersebut, maka saya kuasa hukum wabup melaporkan Muna ke Polisi,” kata Haryono SH.

Lebih lanjut Haryono mengatakan, H. Muna tidak mau menarik statemennya dan tidak minta ma’af kepada Wabup Bondowoso dalam waktu yang sudah ditentukan. Sehingga dengan terpaksa, Wabup melaporkan H. Muna kepada Kepolisian Resor Bondowoso. “Sebelumnya diberitakan pada tahun 2017/2018, Kementrian Pertanian memberikan bantuan puluhan traktor kepada petani. Diduga, bantuan traktor tersebut raib dan ada Pungutan Liar,” tuturnya.

Pernyataan mantan Kepala Dinas Pertanian Bondowoso itu, kata Haryono, dipublis oleh media online sehingga masyarakat menduga dan menilai, Wabup Bondowoso seakan-akan telah melakukan korupsi terhadap bantuan taktor tersebut. Padahal, pernyataan tersebut tidak benar. “Wabup Irwan berani melaporkan pada Polisi, karena memang tidak pernah melakukan yang dituduhkan H. Muna,” pungkasnya.

Sementara itu, Latif wartawan petisi.co, membenarkan telah dimintai keterangan Polisi. “Saya dimintai keterangan mulai jam 14.00 WIB, sekitar ½ jam. Saya dimintai keterangan sebagai saksi ke dua atas laporan Wabup Bondowoso terkait penyataan mantan Kepala Dinas Pertanian Bondowoso yang saya tulis di petisi.co,” kata Latif.

Pewarta               :Samsul Arifin

Publisher             :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button