Bencana alamDaerahJawa TimurRagamSitubondo

Termakan Usia, Atap SDN 02 Alas Tengah Situbondo Ambruk

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR, Akibat termakan usia, atap tiga ruang kelas dan satu ruangan guru SDN 2 Desa Alas Tengah, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo ambruk, Jumat (17/2/2023).

Ambruknya atap sekolah tersebut terjadi kemarin, pada hari Kamis 16 Februari 2023. Diduga kondisi kayu sudah keropos dimakan usia lalu amburk. Beruntung dalam kejadian runtuhnya atap tersebut tidak sampai menelan korban jiwa.

Sebab, dalam dua tahun terakhir, tiga ruang kelas tersebut tidak terpakai lantaran pihak sekolah mengetahui jika kayu di sejumlah ruangan diketahui keropos. “Saya kaget, saat tiga ruang kelas dan satu ruang guru ambruk, saya dan sejumlah guru sedang mengajar di ruang kelas,” kata salah seorang guru SDN 02 Alastengah.

Menurutnya, sejumlah ruangan yang ambruk tersebut sudah dua tahun tidak ditempati, mengingat kondisi kayunya sudah keropos, sehingga sejumlah ruangan tersebut tidak layak untuk dipakai proses pembelajaran.

“Sedangkan kegiatan proses belajar mengajar sebanyak 38 siswa SDN 2 itu, dikumpulkan pada tiga ruangan yang kondisi bangunannya masih bagus, seperti di ruang perpustakaan, kantor dan di perumahan sekolah,” jelasnya.

Dilain pihak, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Sruwi Hartanto  mengatakan bahwa, ambruknya atap bangunan tiga ruang kelas dan satu ruang guru itu, akibat sebagian kayu bangunan di atapnya keropos karena di makan usia.

“Meski dalam bencana tersebut tidak sampai menelan korban. Kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 300 juta, karena sebagian meja, kursi dan lemari rusak akibat tertimpa reruntuhan bangunan,” pungkas Sruwi.

Pewarta           :As’ad Zuhaidi Anwar

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button