Bone BolangoGorontaloPolitik

Terungkap! Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Merlan untuk Jadi Bupati Bone Bolango

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO – Diskusi terkait boleh tidaknya seorang perempuan menjadi pemimpin (baca: Kepala Daerah) di Kabupaten Bone Bolango terus menjadi tema yang sangat menarik untuk diperdebatkan. Isu ini kembali mencuat menjadi diskusi publik pasca Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli secara tegas dalam berbagai kesempatan menyatakan dirinya akan maju menjadi Calon Bupati Bone Bolango pada perhelatan Pilkada tahun 2024 mendatang.

Isu yang dianggap cukup sensitif bagi sebagian orang ini kemudian menjadi topik utama yang diangkat dalam sebuah Forum Diskusi: Perempuan dan Politik dalam Perspektif Adat dan Agama yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bone Bolango di Aula Rumah Dinas Wakil Bupati, Selasa (30/5).

Diwawancarai usai kegiatan, Sekretaris Dewan Adat Gorontalo Alim Niode yang menjadi salah satu pemateri dalam diskusi tersebut mengungkapan bahwa Merlan Uloli bisa maju menjadi Bupati Bone Bolango jika memiliki nilai-nilai fundamental dalam perspektif adat.

“Kalau Merlan Uloli memiliki nilai-nilai fundamental itu serta memenuhi kriteria dan syarat-syarat adat yang ditentukan, maka Bismillah,”kata Alim Niode sambil menyebut beberapa indikator nilai-nilai fundamental tersebut.

Meskipun demikian, Alim mengatakan bahwa Merlan merupakan seorang perempuan di Bone Bolango yang memiliki indikator nilai-nilai fundamental yang disebutkannya. Namun, dirinya menegaskan bahwa untuk memutuskan apakah Merlan Uloli memiliki nilai-nilai fundamental tersebut atau tidak harus melalui sebuah forum adat yang disebut dengan Dulohupa.

“Dalam pandangan Saya, Merlan Uloli salah satu tokoh perempuan yang memiliki indikator itu (nilai-nilai fundamental,red), namun otoritas untuk memutuskan itu dari sudut pandang adat harus melalui Dulohupa,”tegasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button