DaerahEkonomiJawa Timur

Tidak Mempunyai Laut, Tapi Bondowoso Pemasok Ikan Terbesar Ketiga Di Jawa Timur

Berita Nasional.ID, Bondowoso Jawa Timur – Satu-satunya Kabupaten di eks Karesidenan Besuki yang tidak mempunyai laut hanya Kabupaten Bondowoso. Namun demikian, bukan berarti, Kota dengan julukan Kota Pensiun ini kekurangan ikan segar untuk dikonsumsi.

Kepala UPT Pasar Induk Bondowoso, Didik Muryanto mengatakan, Bondowoso merupakan penyuplai ikan terbesar di Jawa Timur. Bahkan mempunyai tempat pelelangan ikan yang terletak di Kelurahan Kota Kulon Kecamatan/Kabupaten Bondowoso.

“Sebagai orang Bondowoso, tentunya kita bangga karena menjadi penyuplai ikan terbesar ketiga di Jawa Timur. Walaupun kita tidak mempunyai laut,” kata Didik, sapaannya, Kamis, 23/3 2023.

Tempat pelelangan ikan Kota Kulon, lanjutnya, merupakan tempat lelang ikan pindang. Pedagang ikan dari Jember, Banyuwangi, dan Situbondo, setiap hari melakukan transaksi jual-beli ikan pindang di Bondowoso.

Mereka, lanjutnya, pedagang ikan dari Banyuwangi dan Jember, kulakan ikan ke Bondowoso. Ini suatu nikmat yang harus kita syukuri.

Ditambahkan, tahun 2023, manajemen Pasar Induk bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Dalam rangka melindungi tenaga kerja ketika mendapat musibah kecelakaan.

Sosialisasi kepada pedagang sudah dilakukan. Diharapkan, seluruh pedagang mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan

“Untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat dalam melakukan transaksi jual-beli di Pasar, pada tahun 2020 membangun pasar di Kecamatan Prajekan.
Pembangunan bantuan dari Kementrian Perdagangan. Kemudian pada tahun 2021 yang dibangun Pasar Induk Bondowoso,” jelasnya.

Pada tahun 2022, lanjutnya, Pemkab Bondowoso mendapatkan jatah pembangunan 2 pasar, yaitu Pasar di Kecamatan Tamanan dan Kelurahan Kota Kulon. Kita bersaing dengan 141 Kabupaten/Kota se-Indonesia .

Ditambahkan, kendala yang dihadapi Pemerintah, kesadaran pemilik kios menganggur cicilan dengan tertib dan kesadaran menjaga kebersihan.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button