TNI Dan Polri

Tim Itjenau Laksanakan Wasrikkap di Lanud Soewondo

BeritaNasional.ID Medan – Tim dari Itjenau melaksanakan tugas Wasrikkap di Lanud Soewondo. Rombongan diterima oleh Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P. beserta para perwira staf di ruang Suryadarma Mako Lanud Soewondo, Senin (16/3/2020).

Pada acara Entry Briefing, Danlanud Soewondo dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang di Lanud Soewondo kepada Irbinsumda Itjenau Marsma TNI Sujatmiko G.S., M. Sc beserta tim. Semoga tugas yang akan dilaksanakan oleh Tim Itjenau di Lanud Soewondo dapat berjalan dengan lancar serta mencapai sasaran yang diharapkan.

Selanjutnya Danlanud Menyampaikan bahwa kedatangan tim Wasrikkap Itjenau ke Lanud Soewondo, selain untuk ajang silaturahmi, kegiatan ini tentu saja sekaligus akan menjadi sarana evaluasi program kerja dan anggaran Lanud Soewondo TA. 2019 yang lalu. Pelaksanaan Wasrik yang dilakukan pada hakekatnya merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Lanud Soewondo dalam melihat sejauh mana pencapaian pelaksanaan tugas yang telah dilakukan selama ini, sekaligus dapat dijadikan masukan yang berharga untuk peningkatan kinerja dan mekanisme kerja pada pelaksanaan tugas mendatang. Dari kegiatan ini akan dapat di ketahui permasalahan-permasalahan yang ada, termasuk juga berbagai kegiatan yang sudah, sedang maupun akan dilaksanakan oleh Lanud Soewondo beserta satuan jajarannya. Untuk itu selaku Komandan Lanud Soewondo maupun pribadi saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim Wasrik Itjenau.

Lebih lanjut Danlanud menyampaikann bahwa dengan adanya kunjungan kerja Wasrikkap Itjenau ini sangat penting sebagai langkah positif dalam rangka mewujudkan tertib administrasi dan tertib kerja yang muaranya untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilias satuan, sehingga kedepan, kinerja Lanud Soewondo dapat lebih baik lagi, lebih-lebih bila dikaitkan dengan semangat transparansi dan reformasi birokrasi dewasa ini, maka kegiatan Wasrikkap saya nilai menjadi sesuatu yang sangat urgen dalam rangka memberikan masukan positif terhadap pelaksanaan tugas satuan. “Untuk itu, kepada seluruh Staf dan Komandan Satuan di jajaran Lanud Soewondo yang menjadi obyek tim Wasrik Itjenau, saya minta untuk bersikap terbuka dalam menyajikan data, berikanlah pelayanan yang baik dengan selalu mengembangkan sikap kooperatif dan transparan, agar sasaran kegiatan tim Wasrikkap Itjenau dapat tercapai seperti yang diharapkan,” kata Danlanud.

Dikesempatan yang sama, Irbinsumda Itjenau Marsma TNI Sujatmiko G.S., M. Sc selaku pengendali Tim dalam sambutannya menyampaikan bahwa Berdasarkan Peraturan Kasau Nomor 23 Tahun tentang Pokok-pokok Organisasi dan Prosedur Itjenau, bahwa Itjenau merupakan badan staf pada tingkat Mabesau bertugas membantu Kasau dalam menyelenggarakan kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan terhadap daya guna, hasil guna, tertib hukum dan tertib tindak dalam pelaksanaan pembinaan kemampuan dan pembangunan kekuatan di jajaran TNI AU dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas TNI AU serta melaksanakan tugas sesuai perintah Eksekutif Kasau T.A 2020, sebagai berikut:
1. Melaksanakan Wasrik dengan lebih cermat dan inovatif untuk mencegah pelanggaran prosedur, peraturan dan hukum.
2. Secara aktif mengawal pelaksanaan Progja sehingga alokasi anggaran dapat sepenuhnya dikonversi untuk peningkatan kualitas profesionalisme personel TNI AU.
3. Jeli, cermat dan inovatif menemukan hal-hal yang sudah tidak sesuai dengan peraturan di TNI AU, serta hal-hal yang sudah merugikan organisasi TNI AU.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Itjenau menyelenggarakan fungsi antara lain melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan terhadap pembinaan operasional, personel, materiil, fasilitas,keuangan organisasi, hukum, disiplin dan tata tertib serta masalah-masalah khusus di seluruh jajaran TNI AU. Selain itu dengan Wasrikkap ini diharapkan dapat mendeteksi lebih awal atas kemungkinan adanya masalah, hambatan dan kesalahan/penyimpangan oleh audit ekternal audit, baik dari Itjen TNI, Itjen Kemhan maupun BPK RI. Hasil temuan Wasrikkap dapat dijadikan sebagai umpan balik dan kontribusi bagi Lanud Soewondo. Mengacu hal tersebut, dibutuhkan tahapan 5 langkah Road Map Maintain To WTP yaitu, Identifikasi, Inventarisasi, Refreshing, Implementasi, dan Pengawasan.

Lebih lanjut Irbinsumda Itjenau Menyampaikan bahwa tolak ukur keberhasilan pelaksanaan kegiatan pengawasan intern oleh setiap Komandan Satuan/Kasatker adalah pola kegiatan dari organisasi satuan telah memenuhu kriteria 2K, yaitu Ketaatan dan Kepatuhan dalam melaksanakan semua ketentuan dan 3E, yakni sasaran-sasaran kegiatan yang ingin dicapai, telah dilaksanakan secara efektif, efisien dan ekonomis.

“Apabila kriteria-kritaria tersebut dapat dipenuhi dan dilaksanakan dengan baik, benar dan konsisten maka hal ini merupakan indikasi kegiatan pengawasan di satuan berjalan sesuai dengan tujuan sehingga sasaran optimalisasi tugas dapat tercapai dengan baik. Dengan demikian pelaksanaan tugas selanjutnya akan semakin tertib, teratur dan lancar disertai perubahan ke arah yang lebih baik agar kerugian Negara dapat dicegah,” pungkasnya.

Acara berikutnya yaitu penyampaian paparan oleh Danlanud Soewondo, dan dilanjutkan dengan peninjauan areal Lanud Soewondo serta pendalaman materi.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button