ACEH

Tim Juri Kemendes PDTT RI Nilai Desa Wisata Bantayan Kabupaten Aceh Utara

BeritaNasional.ID|Lhoksukon – Tim Juri Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI turun ke Desa Bantayan, Kecamatan Seunuddon-Aceh Utara guna melakukan penilaian dan verifikasi lapangan terhadap keberadaan Desa tersebut sebagai destinasi wisata yang masuk 15 besar Desa Wisata Nusantara Tahun 2023.

Tim Juri yang dipimpin Ir.Sofyan Hanafi, MSi, didampingi Egit Putra, S.Sos, Poltak Napitupulu dan Bambang, sebelum turun ke lapangan terlebih dahulu dijamu oleh Sekda Aceh Utara Dr.A.Murtala, MSi atas nama Pj Bupati Dr.Drs.Mahyuzar, MSi, dengan “Kupi Pase” disalah satu Caffe dikawasan Kabupaten terluas di Aceh tersebut.

Menurut Dr A Murtala yang mewakili Pj Bupati Aceh Utara tersebut kepada media ini Senin pagi (06/11/2023) mengatakan, Tim Juri Kemendes itu akan berada di lokasi Desa wisata Bantayan nanti selama 2 (dua) hari dalam rangka melakukan penilaian dan verifikasi vaktual terhadap Desa tersebut.

Sebelumnya kata Murtala, yang juga turut didampingi Kadis DPM-PPKB, Fakhruradhi, SH, MH, dan Koordinator P3MD, Mukhtarsyah, SE, menyebutkan bahwa Tim yang dipimpin Sofyan Hanafi yang juga Direktur Penyerasian Pembangunan Sarana dan Prasarana-Kemendes PDTT itu, juga sudah melakukan penilaian melalui dokumen dan proposal yang diisi serta dikirimkan oleh Kepala Desa, Fadzal Amri dan Pok-Darwis, Edi Amri kepada Tim, kemudian juga dilakukan wawancara melalui zoom meeting beberapa waktu lalu.

Menurut pantauan media ini, seusai dijamu Sekda Murtala, tim tersebut langsung meluncur ke lapangan yang didampingi Kadis DPM-PPKB Aceh Utara dan Koordinator P3MD. Sesampai di lapangan, Tim Juri disambut dengan Tarian Ranup Lampuan yang disaksikan oleh Camat Seunuddon, Ismuhar, SSTP, Ketua Forum Mukim, A.Hanan Ketua Forum Geuchik, Bakhtiar, Ketua Pok Darwis, Edi Amri, Geuchik Desa Bantayan. Fadzal Amri, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.

Seusai prosesi penyambutan, Tim Juri yang beranggotakan 4 (empat) orang itu, langsung meninjau titik-titik penilaian dan melakukan wawancara dengan warga sekitar, 0ara pengunjung dan perangkat Desa.

Sementara itu, Kepala Dinas DPM-PPKB Aceh utara, Fakhruradhi yang didampingi Koord P3MD, Mukhtarsyah dan Kades Bantayan, Fazal Amri saat ditanyai BeritaNasional.ID mengatakan, pihaknya bersama Camat, Geuchik, Pok Darwis dan Bumdes sudah berupaya maksimal dalam mempersiapkan Desa tersebut sebagu destinasi wisata berbasis syari’at dan kearifan lokal.

“Kami berharap Desa Wisata Bantayan ini akan menjadi Juara sebagai Desa Wisata Nusantara-RI Tahun 2023,” harap Fakhruradhi

Lanjutnya, dengan semangat wisata nusantara tersebut dan dukungan semua pihak, kita harapkan desa wisata ini akan terus berkembang menjadi desa mandiri, dan akan mampu mensejahterakan masyarakatnya kelak, tutup Fakhruradhi. (*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button