BatubaraDaerahSUMUT

Timsel Zona II Umumkan Nama-nama Bakal Calon Anggota Bawaslu Batu Bara, Abdillah Diurutan Pertama

BeritaNasional.ID, BATU BARA SUMUT – Tim Seleksi (Timsel) zona II secara resmi mengumumkan hasil tes nama-nama bakal calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yang lulus seleksi tertulis dan psikologi, diantaranya 12 nama kandidat calon anggota Bawaslu Kabupaten Batu Bara. Dari nama-nama tersebut Abdillah berada diurutan pertama.

Hal ini diketahui berdasarkan pengumuman hasil tes tertulis dan psikologi bakal calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota zona II, Kabupaten Asahan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Batu Bara dan Kota Tanjung Balai dengan nomor : 004/Timsel/Zona-II/07/2023.

Hasil pengumuman yang diterima wartawan, secara resmi ditandatangani Ketua Timsel Zona II Dr. Mirza Nasution, S.H., M. Hum dan Sekretaris Dr. Affila, S.H., M. Hum, Kamis (13/07/2023).

Disebutkan, bahwa nama-nama yang lulus tes tertulis dan tes psikologi ini agar mengikuti tes kesehatan pada tanggal 14 Juli 2023, pukul 07.00 Wib s.d Selesai yang dilaksanakan di Auditorium Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan jln. Rumah Sakit H. No.12.

Adapun 12 nama kandidat calon anggota Bawaslu Kabupaten Batu Bara, diurutan pertama Abdillah, kemudian Amin Rais Harahap, Allen Sitohang, AL-Husain Harahap, Dedi Muslihan Hutapea, Hari Pramana, Husnul Zen, Ismail Ginting, Khairil Habibi S, Muhammad Abas Sitorus, Muksin Kalid, M. Amin Lubis.

Teks foto : Nama-nama calon anggota Bawaslu Batu Bara yang lulus tes lulus seleksi tertulis dan psikologi.
Teks foto : Nama-nama calon anggota Bawaslu Kabupaten Batu Bara yang lulus seleksi tertulis dan psikologi.

Saat dikonfirmasi melalui telpon WhatsApp ny, Abdillah menjelaskan bahwa urutan nama-nama kelulusan ini berdasarkan abjad nama, dan bukan berdasarkan nilai tes tertulis dan psikologi.

“Agar tidak salah menanggapi, urutan nama-nama kelulusan Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Batu Bara ini dicantumkan hanya berdasarkan abjad nama,” ungkap Abdillah, Sabtu (15/07).

Namun begitu, penulis beranggapan ada kemungkinan bahwasanya urutan nama-nama kelulusan untuk Kabupaten/Kota lainnya tidak menutup kemungkinan berdasarkan nilai tes.

Sementara itu, menariknya pada kontestasi seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten Batubara kali ini, seorang petahanan yang merupakan Ketua Bawaslu Baru Bara sebelumnya Ade Sutoyo gugur dalam tes tertulis dan psikologi, kemudian 2 anggota lainnya Abdillah dan Allen Sitohang terus bersaing hingga tes kesehatan berlangsung.

Lain halnya dari 2 nama tersebut, diketahui ada 3 nama Anggota KPU Kabupaten Batu Bara yang hampir habis masa jabatan juga lulus mengikuti seleksi ini, yakni Al-Husein Harahap (anggota), Muksin Kalid (anggota), dan M. Amin Lubis (Ketua KPU).

Menanggapi hal ini, salah seorang tokoh pemuda Batu Bara lulusan Ilmu Politik USU Fadhli Mahsan S.I.P, M. Si sebut pansel harus lebi jeli lagi dalam tahapan-tahapan selanjutnya. Ia menyebutkan, Timsel juga harus paham melihat latar belakang calon Anggota Bawaslu.

“Pansel juga bukan hanya melihat hasil CAT dan Psikotes, tapi juga harus melihat pengalaman yang calon berintegritas dan mempunyai independen yang tinggi,” tegasnya kepada wartawan. (Fitrah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button