AsahanDaerah

Tingginya Curah Hujan, Pemkab Asahan Bantu Warga Terdampak Banjir Pada 39 Desa & Kelurahan

BeritaNasional.Id – Asahan, Sumatera Utara – Tingginya curah hujan dalam beberapa hari ini telah mengakibatkan sejumlah Desa dan Kelurahan di wilayah Kabupaten Asahan terendam banjir. Diperkirakan sebanyak 39 Desa/Kelurahan yang berada di 16 Kecamatan terdampak banjir dari tingginya curah hujan tersebut.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan OPD terkait bersinergi membantu masyarakat terdampak banjir dengan membuat posko serta menyalurkan bantuan sembako yang dipergunakan untuk keperluan dapur umum yang telah dibentuk masyarakat di lapangan, ujar Hary Naldo Tambunan Kepala BPBD Kabupaten Asahan kepada wartawan, Minggu (06/11/2022).

Dikatakannya, BPBD telah menyalurkan bantuan sembako untuk warga terdampak banjir di Kecamatan Air Joman, Kecamatan Aek Ledong, Kecamatan Tinggi Raja Desa Terusan Tengah dan Kecamatan Sei Dadap di Desa Perkebunan Sei Dadap I/II dan Perkebunan Sei Dadap lII/V.

Hary Naldo juga menyampaikan bahwa dari hasil pantauan BMKG sampai 5 hari kedepan kondisi cuaca masih berpotensi ekstrim. Oleh karena itu BPBD terus melakukan monitoring dan bersinergi dengan OPD terkait agar dampak yang dirasakan akibat tingginya curah hujan dapat diminimalisir.

Secara terpisah Bupati Asahan melalui Kepala Dinas Kominfo Syamsuddin SH, MM menyampaikan bahwa Pemkab Asahan akan memberikan dukungan semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi saat ini.

Bupati, kata Samsuddin, berpesan kepada masyarakat untuk dapat terus menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah terdampak banjir. Karena masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi tersebut cukup rentan untuk terjangkit penyakit.

Semoga bantuan yang telah disalurkan Pemkab Asahan melalui BPBD maupun instansi terkait lainnya dapat membantu meringankan beban masyarakat terdampak banjir. Saya berharap masyarakat tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan agar tidak rentan terkena penyakit, pungkas Kadis Kominfo.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button