Daerah

Tingkatkan Hasil Panen, Pj Bupati Bondowoso Ajak Petani Gunakan Varietas Inpari 32

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Untuk memperkuat ketahanan pangan, Pj Bupati Bondowoso, Drs. H. Bambang Soekwanto, MM melakukan penanam sekaligus memanen padi varietas inpari 32.

Penanaman dan panen tersebut dilakukan di Blok 1 Dusun Krajan Desa Bataan Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso, Jumat (29/3/2024). Kegiatan ini disaksikan oleh Dandim 0822 Bondowoso, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat.

Seperti diketahui, padi inpari 32 merupakan salah satu varietas turunan dari ciherang yang disebut inpari 32 HDB. Varietas ini memiliki tekstur rasa pulen, dengan kelebihan umur padi lebih pendek (120 hari HSS), lebih tahan hama, tahan penyakit dan hasil gabahnya lebih tinggi (rata-rata 6,3 ton/ha).

Karena keunggulannya tersebut, Pj Bupati mengajak kepada seluruh petani untuk menanam padi inpari 32 HDB secara massip. Sehingga kebutuhan akan padi tidak perlu mengimpor dari luar daerah.

“Pemkab Bondowoso melalui Dinas Pertanian dan ketahanan pangan menargetkan penanaman padi inpari 32 HDB seluas 8.128 hektare. Sampai saat ini masih tercapai 5.540 hektare. Jadi target masih tersisa 2.588 ha”, kata Pj Bupati Bambang, sapaannya.

Maksimalisasi penanaman dan panen padi, lanjutnya, sangat besar manfaatnya bagi warga Bondowoso. Karena beras merupakan kebutuhan poko, jadi ketersediaannya harus selalu diupayakan.

Ditambahkan, kendala utama petani Bondowoso, bahkan secara nasional, adalah keterbatasan pupuk bersubsidi dan air. Kedua hal tersebut, merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi untuk menghasilkan panen padi yang besar.

Bambang berjanji akan mengalokasikan anggaran untuk pengadaan mesin sedot air atau sumur bor. Sedangkan pupuk akan disubsidi oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso. Kalau dua hal ini terpenuhi, insyaallah kebutuhan akan beras di Bondowoso tidak akan kekurangan.

“Ketahanan pangan di Bondowoso harus kuat. Solusinya, kebutuhan petani harus dipermudah, air dan pupuk. Untuk kedua sektor ini, Pemkab akan mengnggarkan secara husus,” janji Bambang di hadapan petani.

Hadir mendampingi Pj. Bupati, adalah Pj. Sekda, Dandim 0822, Asisten II, Kepala DPKP Hendri Widitono, beberapa kepala OPD terkait, Camat Tenggarang, PPL, Kelompok Tani dan warga setempat (Syamaul Arifin/Advertorial/Bernas)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button