Jawa Tengah

Tingkatkan Kapasitas Anggota, KUD Karya Mina Gandeng Kemenkop UKM Gelar Pelatihan Wirausaha Berbasis Perikanan

BeritaNasional.ID, Tegal – Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Bidang Kewirausahaan menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Wirausaha Berbasis Perikanan, yang berlangsung di Hotel Bahari Inn Kota Tegal, Jumat – Sabtu (2-3/12/2022).

Pelatihan yang diikuti 50 orang tersebut dibuka oleh Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi, ST.,MM dan dihadiri Kasubag Umum Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM RI Triyanto, S.Sos.

Dalam keterangannya, Jumadi menyampaikan bahwa peserta pelatihan ini diikuti oleh anggota Koperasi Karya Mina yang telah mempunyai sebagai wahana dalam meningkatkan kapasitas anggota.

“Momentum yang luar biasa dua hari ini tentu saja sebagai ajang silaturahmi untuk bagaimana kita bersama-sama bisa memberikan kontribusi yang positif kepada KUD Karya Mina agar kedepan bisa meningkatkan kapasitas,” terang Jumadi.

Selain itu, ia berharap Pelabuhan Tegal bisa menjadi sentral ekspor ikan yang akan dikelola oleh para anggota koperasi sehingga lebih memiliki nilai tambah.

“Saya melihat akan ada masa depan yang cerah, syaratnya semuanya harus bersinergi, berkolaborasi melalui koperasi. Bagaimana koperasi harus menjadi garda terdepan untuk pembangunan di Kota Tegal terutama dibidang perikanan,” ungkapnya.

“Hidup bergotong-royong melalui Koperasi untuk masa depan yang lebih baik,” ucap Jumadi diakhir sambutannya.

Sementara Kasubag Umum Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM Triyanto mengatakan, kegiatan pelatihan ini dalam rangka pengembangan kewirausahan bidang perikanan.

“Tentunya kita tahu bahwa rasio kewirausahaan di Indonesia perlu ada pengembangan-pengembangan diberbagai sektor, termasuk dibidang perikanan ini,” ujar Triyanto.

Menurutnya dengan adanya pelatihan seperti ini nantinya bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi para nelayan maupun masyarakat di daerah Tegal.

“Untuk menuju kepada kemandirian tersebut, nantinya akan dilakukan secara bertahap. Disamping itu kita juga akan mengarah kepada koperasi-koperasi lainnya maupun UKM untuk melakukan hal yang sama,” jelasnya.(*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button