DaerahLiterasiNasionalPendidikan

Tingkatkan Keterampilan Anak di Kupang, Gunungmas Citra Belajar Buka Kegiatan Ekstrakurikuler

BeritaNasional.ID-Kupang NTT,- Gunungmas Group melalui Gunungmas Citra Belajar Kupang membuka kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi anak, dan dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter dan keterampilan anak pada Jumat, 28 Oktober 2022 di Hall Apple Tree TDM-Kupang.

Managing Director Gunungmas Group, Jefry Liebertus kepada media ini mengatakan, tujuan dari kegiatan adalah mengajak anak-anak untuk mendapatkan kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran sekolah, sehingga mereka memperoleh tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter anak sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Ia mengatakan, Pre School Kupang, Program ekstrakurikuler yang akan diluncurkan adalah Kelas Ohayo Drawing School, Rhino The Creator, Basket, Tari, dan Taekwondo.

Dijelaskan, Ohayo Drawing School merupakan Kelas Lukis paling lengkap pertama di Kota Kupang, yang membuka Kelas Krayon, Kanvas, Manga & Digital Art. Untuk Kelas Kanvas, kita akan mempelajari teknik melukis dengan beragam teknik, cat, media maupun alat,” terangnya.

Sedangkan Digital Art, Jefri mengatakan, adalah bagaimana mempelajari proses pembuatan karya atau gambar dengan memanfaatkan teknologi digital terkhususnya aplikasi Medibang. Untuk kelas Manga sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Manga Jepang dan Manga Korea. Di mana Manga Jepang lebih menggambarkan karakter animasi, sedangkan Manga Korea lebih menggambarkan karakter yang lebih realistis.

Ia menambahkan, Kelas Rhino terdapat 2 kelas yaitu kelas Architecture dan Coding, di kelas Rhino Architecture anak diajarkan untuk membuat miniatur berbagai bangunan 2D dan 3D dengan berbagai teknik menarik, sedangkan untuk kelas Rhino Coding anak diajarkan untuk membuat game dan animasi yang lebih menarik dan menyenangkan bagi anak.

Sementara, Kelas Taekwondo Gunungmas Citra Belajar menggandeng Instruktur: Ms. Sindy Djaga, dengan Kualifikasi sebagai berikut : Sabuk Hitam, Juara 3 Indonesia Open 2012, Juara 2 Bali Open 2013, Juara 3 Kejurnas PPLP 2012 dan Pelatih Club.

“Untuk Kelas Basket, kami menggandeng
salah satu Club Basket Terbesar dan memiliki Akademi Bola Basket Remaja di Indonesia Timur yaitu Indteam Basketball Academy dengan 9 pelatih bersertifikat”, jelasnya.

Adapun Kelas Tari itu, kami menggandeng Instruktur Efren Maximus dengan kualifikasi sebagai berikut: Ketua Dan  Koreografer Sanggar Tari Generation Ethnic, Juara 1 Penata Tari Terbaik Pekan Pariwisata NTT 2017, Koreografer Juara 1 Lomba Tarian Kreasi NTT 2018, Koreografer Kontingen NTT Untuk Gelar Tari Remaja Indonesia 2019, Mentor Untuk Putri Tari NTT 2020 Dan Putri Tari  NTT 2021.

Ia berharap, dengan dibukanya Gunungmas Citra Belajar ini, masyarakat Kota Kupang mulai anak – anak, remaja hingga dewasa semakin memiliki pilihan yang beragam dalam kegiatan lepas sekolah atau waktu senggang untuk mengasah keterampilan dan bakat mereka.

“Program ekstrakurikuler Gunungmas Citra Belajar ini terbuka untuk umum dengan harga yang terjangkau disertai dengan peralatan yang lengkap dan modern, segera daftarkan di kantor Gunungmas Citra Belajar di Jln.Frans Lebu Raya No. 08 TDM Kupang”, tandasnya.

Pembukaan kegiatan Ekstrakurikuler, Foto: Aries Usboko.

Sementara Ketua Panitia, Yudith Arunika dalam laporannya mengatakan, Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu : (1) berkebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan cerminan kepribadian bangsa khususnya NTT sebagai bentuk ketahanan pendidikan nasional yang menunjukkan wawasan nusantara yang dimiliki. Gunungmas sebagai media yang universal untuk pelestarian warisan budaya, wahana pembelajaran masyarakat, serta objek yang edukatif, sehingga perlu didorong agar menjadi dinamis serta dapat melayani masyarakat Nusa Tenggara Timur dengan memadai.

“Dengan adanya program belajar Ekstrakulikuler di Gunungmas Citra Belajar ini diharapkan dapat mengubah citra dan wajah Gunungmas menjadi lebih menarik dan lebih prima, sehingga dapat turut meningkatkan jumlah kunjungan dari berbagai sekolah yang ada di Kota Kupang. Dan masyarakat NTT diharapkan mampu meningkatkan kecintaan terhadap Gunungmas sebagai pusat  belajar Ekstrakulikuler, sekaligus tempat rekreasi dan edukasi,” tambahnya.

Diketahui, Gunungmas Group merupakan sebuah induk usaha yang lahir pada tahun 2018 setelah dilakukan sentralisasi satuan unit – unit bisnis yang terdiri dari PT. Gunungmas Citra Niaga (distributor), PT. Gunungmas Citra Mandiri (Apple Tree Pre School), PT.Gunungmas Citra Edukasi (Stella Gracia School), CV. Gunungmas Citra Swalayan (VOSKI Supermarket dan Kiosque), CV. Gunungmas Citra Pena (Toko ATK Pena Emas, mulai beroperasi Nopember 2022) dan CV.Gunungmas Citra Belajar sebagai penyelenggara after school program. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button